Sukses

Daftar Hoaks yang Memanfaatkan Momen Ramadan, Simak Biar Tak Terpengaruh

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah hoaks dengan tema Ramadan

Liputan6.com, Jakarta- Ramadan menjadi momen spesial bagi umat Islam, hal ini pun kerap dimanfaatkan oleh sejumlah oknum untuk menyebar hoaks di tengah masyarakat dengan berbagai tujuan mulai dari menipu hingga menciptakan kegelisahan.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah hoaks dengan tema Ramadan, informasi palsu tersebut dapat menjebak penerimanya sebab dibuat dengan sangat meyakinkan seolah informasi tersebut benar.

Agar terhidar dari hoaks yang memanfaatkan momen Ramadan, kita perlu mengetahui hoaks yang sedang beredar dengan menyimak daftar berikut ini.

Pendaftaran Undian Berhadiah Bank Mandiri Sambut Ramadan

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pendaftaran undian berhadiah 2024 Bank Mandiri sambut Ramadan, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 31 Maret 2024.

Klaim pendaftaran undian berhadiah 2024 Bank Mandiri sambut Ramadan berupa tulisan sebagai berikut.

"PROGRAM 2024" Bagi SemuaNasabah BANK Mandiri Bisa Mendaftarkan diri Ikut Serta Dalam Undian 2024 Bank Mandiri )Sambut Bulan Ramadhan dengan hadiah dari Bank Mandiri# Grand Prize Seperti :

-100 unit mobil BMW x1

-1000 unit Vespa & N.MAX

-1 unit mobil Alphard

-1 unit mobil CR-V Turbo

-1 unit mobil HR-V CVT

-1 unit mobil Xpander

-1 unit mobil Fortuner

- 10 unit Motor Scopy

-8 unit Motor Xmax

- 10 Unit TV Led 50 in.

- 20 unit Smartphone promax14

- 100emas batangan & Logam mulia

- 10 Paket Wisata singgapore

- 10 Paket Umroh Gratis

Masih banyak keuntungan lainnya...Info lebih lanjut tentang pendaftaran (GEBYAR UNDIAN BANK MANDIRI) silakan klik"

Tulisan tersebut disertai tautan "https://tukar-poin.newzs.biz.id/?fbclid=IwAR2vT5BRf1Vn6O6mVityl-2wG04COX5-gGRFZTGGzVunr2FPmYiDqcihoXA_aem_AZTbTgLuYeJbm9IkH8KyXgf723J-83dfeStSSArqUBmuTE0h7ruAeh8fgxZTNkMKfXP_bCefXCpI1r4ySV3B3SVb" yang menampilkan halaman situs berisi formulir digital.

Pengakses situs tersebut diarahkan untuk mengisi sejumlah identitas, seperti nama lengkap, nomor kartu ATM dan nomor telepon.

Benarkah klaim pendaftaran undian berhadiah 2024 Bank Mandiri sambut Ramadan? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini......

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

8 April Bumi akan Mengalami Kegelapan 3 Hari

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim 8 April bumi akan mengalami kegelapan selama 3 hari akibat terhalang foton, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 22 Maret 2024.

Klaim 8 April bumi akan mengalami kegelapan selama 3 hari akibat terhalang foton berupa tulisan sebagai berikut.

"KEJADIAN DI BUMI PADA 8 APRIL 2024Akan terjadi kegelapan slm 3 hr ketika bumi melewati sabuk poton.

Inilah saat bumi masuk & melewati sabuk ini.Tdk akan ada sinar matahari atau cahaya bulan di permukaan bumi.

Foton adalah partikel2 elektromaknetik yg bergerak dg kecepatan cahaya & akan bertindak sbg penghalang atau perisai sementara di bumi yg mencegah cahaya matahari atau bintang melewatinya.

Ini diperkirakan akan berlangsung selama 72 jam atau 5 hari. Tidak ada jeda atau periode cahaya.Selama 3 hari hanya akan ada kegelapan.

Direkomendasikan untuk stok makanan, air, lilin& barang2 penting lainnya.

Semua sinar matahari akan terhalang & panel surya tidak akan menghasilkan energi.Tetap di rumah & hindari bepergian demi keselamatan.Sinar matahari akan kembali ke bumi menandai dimulainya jaman keemasan."

Tulisan tersebut disertai dengan video yang menampilkan benda berbentuk bulat dengan latarbelakang yang lebih terang dan kemudian dilanjutkan dengan benda bulat bersinar dengan pengantar suara berhasa Inggris.

Benarkah klaim 8 April bumi akan mengalami kegelapan selama 3 hari akibat terhalang foton? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini......

 

3 dari 4 halaman

Pendaftaran Promo Berkah Ramadan Gebyar Undian BJB Syariah

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pendaftaran promo berkah Ramadan gebyar undian BJB Syariah, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 18 Maret 2024.

Klaim pendaftaran promo berkah Ramadan gebyar undian BJB Syariah, berupa tulisan sebagai berikut.

"Khusus Nasabah Bank Bjb Syariah PROMO BERKAH RAMADHAN

GEBYAR UNDIAN GRAND PRIZE TABUNGAN Berhadiah dari Bank Bjb Syariah # Hadir lagi, Ayo buruan Daftar agar memenangkan Grand Prize Seperti:

- Grand Prize Mobil

-1 Unit Mobil Alphard

-1 Unit Mobil CR-V Turbo

-1 Unit Mobil HR-V CVT

-1 Unit Mobil Xpander

-1 Unit Mobil Fortuner

-1 Unit Mobil BR-V

-1 Unit Mobil BRIO

-1 Unit Mobil BMW

-10 Unit Motor Scopy

-8 Unit Motor Xmax

-10 Unit TV Led 50 in

-20 Unit Smarphone promax14

-10 Paket wisata Singapura

-10 Paket Umroh Gratis

Masih banyak keuntungan lainnya... info lebih lanjut tentang pendaftaran ( GEBYAR UNDIAN GRAND PRIZE BANK BJB SYARIAH) silakan klik menu ( Daftar ) yang kami sediakan."

Unggahan tersebut disertai dengan tautan "gebyarbjbsyariah2024.com" yang mengarah pada halaman situs yang mengarahkan seorang mengisi identitas untuk mengikuti pendaftaran promo berkah Ramadan gebyar undian BJB Syariah.

Benarkah pendaftaran promo berkah Ramadan gebyar undian BJB Syariah? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini......

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini