Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Pendaftaran Promo Berkah Ramadan Gebyar Undian Bank BJB Syariah

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim pendaftaran promo berkah Ramadan gebyar undian Bank BJB Syariah

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pendaftaran promo berkah Ramadan gebyar undian Bank BJB Syariah, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 18 Maret 2024.

Klaim pendaftaran promo berkah Ramadan gebyar undian Bank BJB Syariah, berupa tulisan sebagai berikut.

"Khusus Nasabah Bank Bjb Syariah PROMO BERKAH RAMADHAN

GEBYAR UNDIAN GRAND PRIZE TABUNGAN Berhadiah dari Bank Bjb Syariah # Hadir lagi, Ayo buruan Daftar agar memenangkan Grand Prize Seperti:

- Grand Prize Mobil

-1 Unit Mobil Alphard

-1 Unit Mobil CR-V Turbo

-1 Unit Mobil HR-V CVT

-1 Unit Mobil Xpander

-1 Unit Mobil Fortuner

-1 Unit Mobil BR-V

-1 Unit Mobil BRIO

-1 Unit Mobil BMW

-10 Unit Motor Scopy

-8 Unit Motor Xmax

-10 Unit TV Led 50 in

-20 Unit Smarphone promax14

-10 Paket wisata Singapura

-10 Paket Umroh Gratis

Masih banyak keuntungan lainnya... info lebih lanjut tentang pendaftaran ( GEBYAR UNDIAN GRAND PRIZE BANK BJB SYARIAH) silakan klik menu ( Daftar ) yang kami sediakan."

Unggahan tersebut disertai dengan tautan "gebyarbjbsyariah2024.com" yang mengarah pada halaman situs yang mengarahkan seorang mengisi identitas untuk mengikuti pendaftaran promo berkah Ramadan gebyar undian BJB Syariah.

Benarkah pendaftaran promo berkah Ramadan gebyar undian Bank BJB Syariah? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim pendaftaran promo berkah Ramadan gebyar undian Bank BJB Syariah, dengan cara mengunjungi akun Instagram resmi Bank BJB Syariah @bankbjbsyariah, Instagram tersebut mengunggah konten yang berisi informasi terkait dengan kejahatan cyber dengan iming-iming undian palsu.

Unggahan tersebut memuat sejumlah informasi modus kejahatan cyber dengan iming-iming undian palsu, yaitu nasabah diminta untuk klik input ke website, nasabah diminta untuk membayar pajak atas hadiah yang diterima dan nasabah diminta uang muka pelepasan hadiah.

Dalam unggahan tersebut BJB Syariah juga membagikan tips untuk nasabahnya ahar terhindar dari kejahatan cyber.

Pertama jangan mengklik link yang tidak dikenal, waspadi permintaan biaya untuk hadiah yang dijanjikan, amankan data pribadi, dan Bank BJB Syariah hanya memiliki satu akun Facebook resmi, yakni bank bjb syariah.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Assalamu’alaikum wr.wb, Sobat Maslahah.

Waspadai jeratan kejahatan cyber dengan iming-iming undian palsu!

Penting untuk selalu waspada terhadap modus di mana para penjahat cyber membuat penawaran atau mengirimkan pesan-pesan palsu dengan menjanjikan hadiah. Hindari memberikan informasi pribadi atau uang kepada pihak yang tidak dikenal, dan selalu periksa keabsahan tawaran tersebut sebelum bertindak.

Taklukkan godaan undian palsu, tingkatkan kesadaran cybersecurity!".

 

Sumber:

https://www.instagram.com/p/Cy2Raq1PlEs/?utm_source=ig_embed&ig_rid=31b8a843-c5e1-45b8-b02e-12a0de76acf8&img_index=1

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim pendaftaran promo berkah Ramadan gebyar undian Bank BJB Syariah tidak benar.

Informasi tersebut merupakan modus kejahatan siber dengan iming-iming undian palsu, yaitu nasabah diminta untuk klik input ke website, nasabah diminta untuk membayar pajak atas hadiah yang diterima dan nasabah diminta uang muka pelepasan hadiah.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.