Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Pelajar Pasang Gambar Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Ruang Kelas

Beredar di media sosial postingan foto pelajar sedang memasang foto Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di ruang kelas.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan foto pelajar sedang memasang foto Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di ruang kelas. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 2 Januari 2024.

Dalam postingannya terdapat sejumlah pelajar dan guru sedang memasang foto Anies Baswedan dan pelajar lain memegang foto Muhaimin Iskandar.

Postingan itu disertai narasi "Amin"

Lalu benarkah postingan foto pelajar sedang memasang foto Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di ruang kelas?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan menggunakan Google Reverse Image. Penelusuran menemukan foto yang identik dengan postingan.

Foto itu diunggah oleh Detik.com pada 21 Oktober 2019 dalam artikel berjudul "Antusias Siswa SD di Solo Pasang Foto Jokowi-Ma'ruf Amin"

Dalam foto tersebut yang diunggah adalah foto Jokowi dan Ma'ruf Amin bukan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar seperti dalam postingan. Foto itu juga disertai narasi:

 

<p>Cek Fakta pelajar memasang foto Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar</p>

"Siswa SD Negeri Joglo Solo dibantu guru memasang foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di ruang kelas sekolahnya di Solo, Jawa Tengah, Senin (21/10/2019). Antara Foto/Maulana Surya"

Sumber:

https://news.detik.com/foto-news/d-4753840/antusias-siswa-sd-di-solo-pasang-foto-jokowi-maruf-amin

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan foto pelajar sedang memasang foto Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di ruang kelas adalah tidak benar. Postingan foto tersebut merupakan hasil suntingan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini