Sukses

Hoaks Terkini Seputar Israel, Simak Faktanya

Berikut kumpulan hoaks seputar Israel.

Liputan6.com, Jakarta Israel menjadi bahan hoaks dengan beragam isu, Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah informasi palsunya yang berdar di media sosial.

Hoaks seputar israel mengaitkan dengan beragam isu, mulai dari olahraga hingga konflik dengan Palestina.

Berikut kumpulan hoaks seputar Israel.

Video Sandiwara Zionis saat Perang

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video sandiwara Zionis saat perang, informasi tersebut diunggah pada 10 Oktober 2023.

Klaim video sandiwara Zionis saat perang menampilkan sejumlah orang salah satunya seorang anak yang sedang tidur terlentang dengan kaki tertekuk, di depan muka anak tersebut terdapat kamera.

Dalam video juga terlihat sejumlah orang sedang berdialog, terlihat juga sebagian orang mengenakan penutup kepala putih dan sebagian menenganakan baju hijau membawa senapan.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"beginilah cara antek² si jahat

membuat penipuan ke publik untuk agenda perdamaian 🕊⚔ p4lsu melalui perang

😀Dunia panggung sandiwara zi0n_is😉" .

Benarkah klaim video sandiwara Zionis saat perang? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com simak hasil penelusurannya di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Cristiano Ronaldo Tolak Salaman dengan Orang Israel Usai Terima Trofi

Beredar di media sosial postingan video Cristiano Ronaldo menolak bersalaman dengan orang Israel usai menerima penghargaan. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 12 Oktober 2023.

Dalam postingannya terdapat video Ronaldo sedang memegang trofi dan bersalaman dengan sejumlah orang. Selain itu terdapat beberapa bendera yang diklaim mewakili perwakilan orang tersebut termasuk bendera Israel.

Video itu juga memperlihatkan Ronaldo tidak bersalaman dengan salah satu orang yang diklaim berasal dari Israel.

Postingan itu disertai narasi:

"Cristiano Ronaldo menolak berjabat tangan dengan Israel"

Lalu benarkah postingan video Cristiano Ronaldo menolak bersalaman dengan orang Israel usai menerima penghargaan? Simak dalam artikel berikut ini...

3 dari 4 halaman

Israel Beralih ke Daging Plastik

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Israel beralih ke daging plastik. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 6 Juni 2023.

Unggahan klaim video Israel beralih ke daging plastik menampilkan sejumlah orang sedang telihat sedang menyaksikan mesin berkerja di dalam ruangan berkaca, pada dinding sebagian ruang tersebut terdapat tulisan "Steakholder FOOD".

Kemudian video menampilkan sebuah benda yang keluar dari bagian mesin tersebut dan benda tersebut dimakan oleh sebagian orang yang ada di dalam video.

Video tersebut diberi terangan sebagai berikut.

"Israel 🇮🇱 secara bertahap beralih ke daging plastik"

Benarkah klaim video Israel beralih ke daging plastik? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com simak hasil penelusuran di sini...

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.