Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Video Ini Sandiwara Zionis saat Perang

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video sandiwara Zionis saat perang

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video sandiwara Zionis saat perang. Informasi tersebut diunggah pada 10 Oktober 2023.

Klaim video sandiwara Zionis saat perang menampilkan sejumlah orang salah satunya seorang anak yang sedang tidur terlentang dengan kaki tertekuk, di depan muka anak tersebut terdapat kamera.

Dalam video juga terlihat sejumlah orang sedang berdialog, terlihat juga sebagian orang mengenakan penutup kepala putih dan sebagian menenganakan baju hijau membawa senapan.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"beginilah cara antek² si jahat

membuat penipuan ke publik untuk agenda perdamaian 🕊⚔ p4lsu melalui perang

😀Dunia panggung sandiwara zi0n_is😉" .

Benarkah klaim video sandiwara Zionis saat perang? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video sandiwara Zionis saat perang, mengarah pada artikel berjudul "Factcheck: nee, deze video toont geen opnames van een anti-Israëlische propagandavideo" yang dimuat situs Knack.be, pada 13 Mei 2022.

Situs Knack.be menyebutkan, video tersebut bermula diunggah oleh akun TikTok @mohamadawawdeh938, video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"كواليس تصوير مشهد اعداء المستوطنين على الطفل احمد مناصرة"

Jika ditersebahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai berikut:

"Bukankah itu merekam adegan musuh menyerang pemukim anak Ahmed Manasra?"

Penelusuran dilanjutkan dengan Google Search dengan kata kunci 'Film Ahmed Manasra Israel'

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Palestinian short film about Ahmad Manasra attracts ire of Israeli social media" yang dimuat situs Newarab.com, pada 28 April 2022.

Situs Newarab.com menyebutkan, sebuah film pendek Palestina yang menyoroti kisah Ahmed Manasra, seorang tahanan Palestina yang ditahan oleh Israel.

Film pendek berjudul "Empty Place" ini berfokus pada Manasra, yang ditangkap pada tahun 2015 pada usia 13 tahun setelah ditabrak mobil polisi Israel.

Situs tersebut pun menampilkan video Film Empty Place, pada tayangan 1 menit 11 detik terlihat cuplikan gambar seorang anak yang sedang berbaring dengan kaki tertekuk dan sejumlah orang yang mengerubunginya, orang-orang tersebut identik dengan klaim video.

 

 

 

 

<p>Penelusuran klaim video sandiwara Isarael saat perang</p>

 

 

Sumber:

https://www.knack.be/factcheck/factcheck-nee-deze-video-toont-geen-opnames-van-een-anti-israelische-propagandavideo/?fbclid=IwAR1WnFD9D6hr1lolCfz6ux34TldLNmOl8OOjloDJf0VyCQvPxKnFQNXHZIc

https://www.tiktok.com/@mohamadawawdeh938

https://www.newarab.com/news/film-ahmad-manasra-attracts-ire-israeli-social-media

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video sandiwara Zionis saat perang tidak benar.

Video tersebut merupakan pembuatan film pendek berjudul "Empty Place" yang menyoroti kisah Ahmed Manasra, seorang tahanan Palestina yang ditahan oleh Israel pada tahun 2015 pada usia 13 tahun setelah ditabrak mobil polisi Israel.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.