Sukses

Hoaks Seputar Minuman Beralkohol, Simak Faktanya Biar Tak Salah Paham

Berikut kumpulan hoaks seputar minuman beralkohol hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Minuman beralkohol kerap dijadikan bahan hoaks, Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah informasi palsu terkait hal tersebut.

Adapun penemuan hoaks seputar minuman beralkohol di antanya dengan minuman alkohol kemasan hingga dapat lisensi halal.

Berikut kumpulan hoaks seputar minuman beralkohol hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Minuman Alkohol Beredar Dalam Kemasan Saset

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim adanya minuman alkohol dalam kemasan saset. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 8 Oktober 2023.

Dalam postingannya terdapat gambar produk minuman beralkohol Anggur Orang Tua dalam kemasan saset. Postingan itu disertai narasi:

"Assalamu'alaikum..Dengan Hormat...Sekedar Pembritahuan..untuk para Guru di Sekolah manapun SMP/SMK-SMU-SMA...bila ada salasatu Murid bawa barang seperti ini..tolong di rampas..itu NARKOBA.."

Lalu benarkah postingan yang mengklaim adanya minuman alkohol dalam kemasan saset? Simak hasil penelusurannya di sini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Botol Miras dalam Foto Ini Dapat Label Halal dari Pemerintah

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto botol miras berlabel halal dari pemerintah

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto botol miras berlabel halal dari pemerintah.

Klaim tersebut unggah akun Facebook Shelvi Centhil Bundu, pada 1 Maret 20201.

Klaim foto botol miras berlabel halal dari pemerintah menampilkan foto dua botol minuman yang terdapat logo halal pada labelnya dan juga terdapat potongan ayat Alquran Surat Albaqarah ayat 219.

Kemudian diberiketerangan sebagai berikut:

"Bismillah Miris jika pemerintah melegalkan miras padahal sudah jelas harom masih saja diberi label halal"

Benarkah klaim foto botol miras berlabel halal dari pemerintah? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

3 dari 4 halaman

Video Ganjar Pranowo Sedang Konsumsi Minuman Beralkohol

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Ganjar Pranowo sedang mengonsumsi minuman alkohol. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 17 Juli 2023.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 50 detik dengan gambar Ganjar Pranowo sedang mengonsumsi minuman dalam botol. Postingan itu disertai narasi:

"Wah Pak Ganjar Minum Apa Tuh!? Es Teh Manis Yaa Itu. Tadinya saya fikir cuman suka film bokep doank ternyata suka mabok juga"

Akun tersebut menambahkan narasi "Hebat pak Ganjar Pranowo minumnya ES teh manis yg di permentasi Ribuan Tahun"

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Ganjar Pranowo sedang mengonsumsi minuman alkohol? Simak hasil penelusurannya di sini....

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.