Sukses

Deretan Hoaks Catut Nama Luhut Binsar Pandjaitan, Simak Faktanya

Hoaks kerap mencatut nama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks kerap mencatut nama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Hoaks muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks catut nama Luhut Binsar Pandjaitan? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Judul Artikel Komentar Warganet pada Luhut Binsar Pandjaitan

Beredar di media sosial postingan artikel dengan judul komentar warganet pada Luhut Binsar Pandjaitan. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 14 September 2023.

Dalam postingannya terdapat artikel dari CNN Indonesia berjudul:

"Luhut Ancam Buldoser Orang yang Halang-halangi Investasi ke RI, Netizens: Kau Pikir Kampung Melayu itu Punya Bapak Ello"

Lalu benarkah postingan artikel dengan judul komentar warganet pada Luhut Binsar Pandjaitan? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Luhut Binsar Pandjaitan Suruh Masyarakat Langgar Aturan Jika Tak Ingin Hidup Lagi

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyuruh masyarakat melanggar aturan pemerintah jika tak ingin hidup. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya 15 Februari 2023.

Dalam postingannya terdapat gambar Menko Luhut dengan narasi:

"Luhut: Kalau Tidak Mau Hidup Lagi, Silahkan Langgar Aturan Pemerintah"

Akun itu menambahkan narasi, "Yang bikin peraturan siapa..yang suka melanggar juga siapa? Knpa adem2 bae,, sangat tidak adil jika hukum hanya berlaku sepihak, Peraturan yang memaksa selalu mempersulit pribumi"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyuruh masyarakat melanggar aturan pemerintah jika tak ingin hidup? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Luhut Binsar Pandjaitan Naikkan Harga Pokok Jelang Tahun Baru Agar Negara Tak Bangkrut

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan menaikkan harga bahan pokok jelang tahun baru agar negara tak bangkrut. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 18 Desember 2022.

Dalam postingannya terdapat potongan gambar artikel berjudul "Luhut Menjelang tahun baru harga bahan pokok naik kalau tak dinaikan bangkrut negara".

Akun itu menambahkan narasi "Tanda tanda negara mau bangkrut..."

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan menaikkan harga bahan pokok jelang tahun baru agar negara tak bangkrut? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.