Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar Timnas Indonesia Terbaru, Simak Faktanya

Hoaks seputar Timnas Indonesia masih terus beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks seputar Timnas Indonesia masih terus beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar Timnas Indonesia terbaru? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Uzbekistan Didiskualifikasi dari Piala Asia Akibat Menyuap Wasit saat Melawan Timnas Indonesia U-23

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Uzbekistan didiskualifikasi dari Piala Asia U-23 karena menyuap wasit saat melawan Timnas Indonesia. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 2 Mei 2024.

Dalam postingannya terdapat video dengan narasi yang menyebut Uzbekistan didiskualifikasi dari Piala Asia U-23 karena terbukti menyuap wasit saat laga semifinal. Narasi video juga menyebutkan semua poin Uzbekistan dihapus dan membuat Timnas Indonesia lolos ke final.

Akun itu menambahkan narasi "Uzbekistan diskualifikasi, teamnas masuk final"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Uzbekistan didiskualifikasi dari Piala Asia U-23 karena menyuap wasit saat melawan Timnas Indonesia? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Video Cristiano Ronaldo Angkat Bicara Soal Wasit di Laga Timnas Indonesia Vs Uzbekistan

Beredar di media sosial postingan video Cristiano Ronaldo angkat bicara terkait performa wasit saat Timnas Indonesia melawan Uzbekistan di Piala Asia U-23. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 1 Mei 2024.

Dalam postingannya terdapat video Cristiano Ronaldo dengan klaim narasi sebagai berikut:

"Mereka (Indonesia) sudah tak bisa fokus semenjak dicurangi wasit"

Video itu diberi judul, "CR7 angkat suara soal laga Indonesia Vs Uzbekistan "Mereka takkan kalah jika tak dicurangi wasit"

Akun itu menambahkan narasi "Senior aja angkat bicara, gmna mnurut kalian"

Lalu benarkah postingan video Cristiano Ronaldo angkat bicara terkait performa wasit saat Timnas Indonesia melawan Uzbekistan di Piala Asia U-23? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Klarifikasi Timnas Indonesia akan Berujicoba Melawan Portugal September 2024

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Timnas Indonesia akan beruji coba melawan Portugal pada September 2024 mendatang. Postingan ini beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 11 Mei 2024.

Dalam postingannya terdapat poster dengan narasi:

"Indonesia Vs Portugal Resmi dari PSSI"

Poster tersebut disertai foto Asnawi Mangkualam, Erick Thohir dan Cristiano Ronaldo.

Akun itu menambahkan narasi "šŸ“¢SELAMAT DATANG GOAT RONALDOšŸ”„ LAGA PANAS INDONESIA VS PORTUGAL (RONALDO) AKAN DI GELAR BULAN SEPTEMBER šŸ”„šŸ”„šŸ”„ MANTUL GEES"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Timnas Indonesia akan beruji coba melawan Portugal pada September 2024 mendatang? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalamĀ International Fact Checking Network (IFCN)Ā dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatifĀ cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautanĀ berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.