Sukses

Deretan Hoaks Seputar Dunia Sepak Bola, dari Real Madrid hingga Timnas Indonesia

Dunia sepak bola tak luput dari sasaran hoaks. Hoaks ini beredar dalam beragam tema dan tersebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia sepak bola tak luput dari sasaran hoaks. Hoaks ini beredar dalam beragam tema dan tersebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar dunia sepak bola? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Klarifikasi Timnas Indonesia akan Berujicoba Melawan Portugal September 2024

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Timnas Indonesia akan beruji coba melawan Portugal pada September 2024 mendatang. Postingan ini beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 11 Mei 2024.

Dalam postingannya terdapat poster dengan narasi:

"Indonesia Vs Portugal Resmi dari PSSI"

Poster tersebut disertai foto Asnawi Mangkualam, Erick Thohir dan Cristiano Ronaldo.

Akun itu menambahkan narasi "📢SELAMAT DATANG GOAT RONALDO🔥 LAGA PANAS INDONESIA VS PORTUGAL (RONALDO) AKAN DI GELAR BULAN SEPTEMBER 🔥🔥🔥 MANTUL GEES"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Timnas Indonesia akan beruji coba melawan Portugal pada September 2024 mendatang? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Video Wawancara Cristiano Ronaldo Komentar Soal Penampilan Marselino Ferdinan

Beredar di media sosial postingan video Cristiano Ronaldo mengomentari gaya bermain pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 5 Mei 2024.

Dalam postingannya terdapat rekaman video Ronaldo diwawancara dengan terjemahan sebagai berikut:

"Sehebat apapun anda, anda harus bisa bermain secara tim. Anda tidak bisa hanya ingin mencetak gol sendiri karena jika anda hanya membuang peluang"

Akun itu menambahkan narasi "Cristiano Ronaldo Sebut Marselino Sok pemain bintang dan katakan hal ini"

Lalu benarkah postingan video Cristiano Ronaldo mengomentari gaya bermain pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Bintang Real Madrid Vinicius Junior Punya Ibu dari Indonesia

Beredar di media sosial postingan yang menyebut bintang Real Madrid, Vinicius Junior punya ibu berasal dari Indonesia bernama Fernanda Sudiono. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 11 Mei 2024.

Berikut isi postingannya:

"INGFO SIANG LUR‼️💋Rumor terkini🔥Bintang real Madrid ingin sekali bergabung dengan Timnas Garuda , karena dia jg masih memiliki darah Indonesia yaitu dari sang ibu Fernanda Sudiono ( Magelang ).Profil.

Nama: Vinícius Junior

Kelahiran: 12 Juli 2002 (usia 21 tahun), São Gonçalo, Rio de Janeiro, Brasil🇧🇷

Club : Real Madrid C.F ( Penyerang ),

Orang tua:- Ayah. Vinícius José Paixão de Oliveira,🇧🇷

- Ibu. Fernanda Sudiono🇲🇨

- Kakek. Martinus Sudiono ( Magelang )🇲🇨

Tinggi: 1,76 m."

Lalu benarkah postingan yang menyebut bintang Real Madrid, Vinicius Junior punya ibu berasal dari Indonesia bernama Fernanda Sudiono? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.