Sukses

Modus Penipuan lewat Hoaks Pembagian Uang dan Barang Masih Marak, Simak Daftarnya Biar Tak Jadi Korban

Berikut kumpulan hoaks terkini pembagian barang dan uang hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks pembagian barang berharga dan uang yang dijadikan modus penipuan masih beredar di media sosial, informasi palsu tersebut bagai alat untuk menjerat mangsanya.

Cek Fakta Liputan6.com pun terus mendapati hoaks pembagian uang dan barang, hoaks tersebut dikemas dengan beragam bentuk baik pemberian dari tokoh terkenal hingga bantuan pemerintah.

Berikut kumpulan hoaks terkini pembagian barang dan uang hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Pendaftaran Bantuan Sosial 2023 Melalui Whatsapp

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim pendaftaran bantuan sosial tahun 2023 bagi masyarakat bisa melalui Whatsapp. Posting-an itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun bernama @berbagirezeki23 mengunggahnya di Instagram. Akun itu mem-posting-nya pada 2 Juli 2023.

Dalam posting-annya terdapat video Presiden Jokowi dengan narasi,

"Bagi Bapak/Ibu yang belum mendapatkan Bansos 2023, daftarkan diri kalian di bulan Juni, Juli Agustus."

Postingan itu juga disertai narasi, "hubungi WhatsApp kami yang ingin di bantu 0813-9678-5517".

Lalu benarkah postingan yang mengklaim pendaftaran bantuan sosial tahun 2023 bagi masyarakat bisa melalui Whatsapp?  Simak hasil penelusurannya di sini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pajero Sport Dibagikan Gratis Hanya dengan Tebak Nomor di Facebook

Beredar di media sosial posting-an yang mengklaim ada pembagian mobil Pajero Sport hanya dengan menebak nomor di Facebook. Posting-an ini beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mem-posting-nya pada 1 Juli 2023.

Berikut isi narasi dalam postingan tersebut:

"Sejauh ini, belum ada yang menemukan nomor selain [ 83 }, dan belum ada pemenang baru untuk 𝗣𝗮𝗷𝗲𝗿𝗼 𝗦𝗽𝗼𝗿𝘁 2023 Masih ada 1 angka lagi untuk menang."

Lalu benarkah postingan yang mengklaim ada pembagian mobil Pajero Sport hanya dengan menebak nomor di Facebook? Simak hasil penelusurannya di sini....

3 dari 4 halaman

Akun Catut Nama Jusuf Hamka di Facebook Bagikan Uang Rp 50 Juta

Beredar kembali posting-an yang mengklaim pengusaha Jusuf Hamka membagikan uang tunai Rp 50 juta bagi warga yang membutuhkan. Posting-an ini beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun bernama Jusuf Hamka mengunggahnya di Facebook. Akun itu mem-posting-nya pada 3 Juli 2023.

Postingan itu dilengkapi video Jusuf Hamka dengan disertai narasi "Tanpa berbelit-belit cukup jujur. Khusus yg membutuhkan saya kasih 50jt kess. Wajib jujur."

Hingga saat ini postingan tersebut telah dilihat oleh 1,9 juta orang, mendapat lebih dari 2400 likes dan 809 komentar.

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Jusuf Hamka membagikan uang tunai Rp 50 juta bagi warga yang membutuhkan di Facebook? Simak hasil penelusurannya di sini....

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.