Sukses

Hoaks Sepekan, dari Pembagian Uang sampai Politik

kenali 6 hoaks yang beredar dalam sepekan.

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com telah mendapat sejumlah hoaks yang beredar dalam sepekan, mulai dari seputar politik hingga pembagian uang. Setelah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi viral yang beredar lewat media sosial dan aplikasi percakapan.

Keberadaan hoaks tersebut tentu harus diwaspadai, sebab dapat berakibat negatif yang bisa menumbulkan kergian.

Untuk menghindarinya, kenali 6 hoaks yang beredar dalam sepekan.

1. Video CEO Pfizer Adalah Reptil

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video CEO Pfizer Albert Bourla adalah reptil. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 25 April 2023.

Unggahan klaim video CEO Pfizer Albert Bourla adalah reptil menampilkan Albert Bourla dengan jakun yang berdenyut disandingkan dengan sosok bermata besar dengan jakun berdenyut.

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut. "Shocking video: Ther Director of Pfizer is Reptilan or something other.."

Benarkah CEO Pfizer Albert Bourla adalah reptil? Simak hasil penelusuran Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

 

2. Lifter Putri Indonesia Dipaksa Lepas Hijab Sebelum Bertanding di SEA Games 2023

Beredar di media sosial postingan video yang menyebut atlet angkat besi putri Indonesia dipaksa lepas hijabnya dalam SEA Games 2023. Postingan ini beredar sejak awal pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Dalam postingannya terdapat video berjudul:

"Lifter putri berhijab dari Indonesia raih 3 medali emas di Sea Games 2023. Sebelumnya lifter ini tidak mau tanding klau hijabnya di lepas krn hijabnya tdk menganggunya pada saat angkar barbel. Yg ini wajar diviralkan. raih 3 medali emas".

Akun itu menambahkan narasi:

"Lifter putri berhijab dari Indonesia raih 3 medali emas sea game 2023 dan sebelumnya lifter ini tidak mau tanding kalau hijabnya disuruh lepas karena menurutnya hijabnya TDK mengganggu di saat bertanding dan selanjutnya!!!"

Lalu benarkah postingan video yang menyebut atlet angkat besi putri Indonesia dipaksa lepas hijabnya dalam SEA Games 2023? Simak hasil penelusurannya di sini...

 

3. Shopee Bagikan Hadiah Rp 2 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Shopee bagikan hadiah Rp 2 juta, kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut klaim Shopee bagikan hadiah Rp 2 juta.

"PT. SHOPEE ID

Salam kenal dengan saya IRFAN dari layanan Shopee langsung.

Bapak/ibu yang terhormat kamimelakukan pengundian hadiah secara acak dari 1-5 pemenang termasuk nomor kakak terpilih sebagai pemenang dari Shopee langsung kak sebesarRp. 2.000.000

Disini penerimaan nya tidak dipungut biaya sedikit pun karena telah ditanggung oleh Pihak Shopee langsung.

Kami disini telah menyiapkan untuk cara penerimaan ada dua ya itu.

1. Bisa dijadikan voucher belanja gratis ongkir selama 1 bulan

2. Bisa dijadikan uang tunai melalui rekening bank

Silahkan kakak pilih metode penerimaan nya tersebut.

Dalam rangka Shopee cuan-cuan big sale promo terbesar se-Indonesia."

Benarkah klaim Shopee bagikan hadiah Rp 2 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com simak hasil penelusurannya di sini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Selanjutnya

4. Aurel Hermansyah Bagikan Uang Tunai Hanya Dengan Tebak Huruf di Facebook

 Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Aurel Hermansyah membagikan uang tunai hanya dengan menebak huruf di Facebook. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun bernama Hatta Halilintar ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 15 Mei 2023.

Dalam postingannya terdapat video Aurel Hermansyah dengan narasi "Tes mata tebak huruf selain O, jika benar mama aurel kirim hadiah tunai"

Hingga saat ini postingan tersebut telah mendapat 4500 komentar.

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Aurel Hermansyah membagikan uang tunai hanya dengan menebak huruf di Facebook? Simak hasil penelusurannya di sini...

 

5. Jokowi Ambil Alih Partai Nasdem dari Surya Paloh

 Kabar tentang Presiden Jokowi mengambil alih Partai Nasdem dari Surya Paloh beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu channel YouTube pada 22 Maret 2023.

Channel YouTube tersebut mengunggah video berjudul "KABAR BURUK !!SEMUA KEKUASAAN SURYA PALOH DI AMBIL ALIH JOKOWI".

Dalam video berdurasi 8 menit 8 detik itu terdapat gambar thumbnail Presiden Jokowi yang tengah menandatangani sebuah dokumen dan Surya Paloh yang sedang berdiri di hadapan Jokowi. Dalam gambar thumbnail itu terdapat narasi sebagai berikut.

"DI AMBIL ALIH JOKOWI SURYA PALOH LANGSUNG DI TENDANG DARI NASDEM"

Video yang disebarkan channel YouTube tersebut telah 2 ribu kali ditonton dan mendapat beberapa komentar dari warganet.

Benarkah Jokowi mengambil alih Partai Nasdem dari Surya Paloh? Simak hasil penelusurannya di sini....

 

6. Partai Nasdem Beralih Mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

 Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Partai Nasdem akhirnya beralih mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 16 Mei 2023.

Dalam postingannya terdapat video berjudul "Diam-diam Dukung Ganjar, Keputusan Mutlak Surya Paloh Bikin Anies Jantungan"

Akun itu menambahkan narasi "K4bar Bvruk Untuk An1es‼️ Keputvsan Mut1ak Surya Pa1oh Akh1rnya Usvng G4njar Di Pi1pres 2O24"

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Partai Nasdem akhirnya beralih mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024? Simak hasil penelusurannya di sini....

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.