Sukses

Cek Fakta: Hoaks Aurel Hermansyah Bagikan Uang Tunai Hanya Dengan Tebak Huruf di Facebook

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Aurel Hermansyah membagikan uang tunai hanya dengan menebak huruf di Facebook.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Aurel Hermansyah membagikan uang tunai hanya dengan menebak huruf di Facebook. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun bernama Hatta Halilintar ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 15 Mei 2023.

Dalam postingannya terdapat video Aurel Hermansyah dengan narasi "Tes mata tebak huruf selain O, jika benar mama aurel kirim hadiah tunai"

Hingga saat ini postingan tersebut telah mendapat 4500 komentar.

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Aurel Hermansyah membagikan uang tunai hanya dengan menebak huruf di Facebook?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan membuka akun resmi Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah di Instagram yang sudah bercentang biru atau terverfikasi. Di sana tidak terdapat klaim pembagian hadiah dengan cara seperti dalam postingan.

Selain itu dalam postingan yang dibagikan di Facebook terdapat narasi arahan sebagai berikut:

"Klik Link di bawah untuk mengambil hadiah http://api.whatsapp.com/send?phone=https://wa.me/6287795474751&text"

Narasi tersebut patut diwaspadai karena biasanya mengarahkan masyarakat pada link tertentu. Ini merupakan modus pencurian data ataupun terhubung dengan pinjaman online ilegal.

Beberapa hoaks serupa juga pernah ditulis Cek Fakta Liputan6.com. Para oknum pembuat hoaks itu mencatut nama selebriti ternama seperti Baim Wong, Raffi Ahmad, hingga Soimah.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang mengklaim Aurel Hermansyah membagikan uang tunai hanya dengan menebak huruf di Facebook adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.