Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Partai Nasdem Beralih Mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Partai Nasdem akhirnya beralih mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Partai Nasdem akhirnya beralih mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 16 Mei 2023.

Dalam postingannya terdapat video berjudul "Diam-diam Dukung Ganjar, Keputusan Mutlak Surya Paloh Bikin Anies Jantungan"

Akun itu menambahkan narasi "K4bar Bvruk Untuk An1es‼️ Keputvsan Mut1ak Surya Pa1oh Akh1rnya Usvng G4njar Di Pi1pres 2O24"

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Partai Nasdem akhirnya beralih mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024?

Berita Ganjar Pranowo lainnya, bisa dibaca di Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan menonton secara utuh video berdurasi 8 menit 25 detik itu. Nyatanya di dalam video tidak ditemukan informasi valid seperti yang diklaim dalam judul.

Video tersebut berisi beberapa opini terkait isu seputar pencalonan Anies Baswedan sebagai Capres. Video juga berisi potongan-potongan saat Surya Paloh mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres pada 3 Oktober 2023 lalu.

Video selengkapnya bisa dilihat di link berikut ini...

Justru dalam pernyataan terbarunya yang ditulis dalam artikel Liputan6.com berjudul "Surya Paloh Sebut NasDem Belum Terima Tawaran Cawapres dari Koalisi Pro Jokowi" pada 11 Mei 2023, Surya Paloh berbicara terkait calon pendamping Anies Baswedan.

Berikut isi artikelnya:

"Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh mengatakan belum ada tawaran calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Bacapres Anies Baswedan dari partai politik (parpol) koalisi pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Belum ada tawarannya, bagaimana saya mau jawab. Kalau nanti ada kita duduk lagi," kata Surya Paloh di NasDem Tower, Jalan RP Soeroso, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).

Kendati demikian, Surya menyampaikan akan mempertimbangkan apabila ada tawaran perihal cawapres untuk Anies dari parpol atau koalisi pro Jokowi. Menurut dia, NasDem bakal memutuskan pada pilihan yang terbaik.

"Semua dipertimbangkan, demi yang terbaik. Kalau tidak, kita tidak konsisten," ucapnya.

Menurut dia, dalam mengusung capres dan cawapres di Pemilu 2024, NasDem mengutamakan kepentingan nasional di atas kepentingan partai. Oleh sebab itu, kata dia diusungnya Anies sebagai capres NasDem sejalan dengan kepentingan bangsa Indonesia.

"Kita mencapreskan bung Anies karena kita yakin itu sejalan untuk kepentingan nasional yang terbaik bagi bangsa ini. Kan itu keyakinan kita. Tapi kalau ada lagi yang lebih baik dari itu kenapa enggak," kata dia."

Sumber:

https://www.liputan6.com/pemilu/read/5283760/surya-paloh-sebut- nasdem-belum-terima-tawaran-cawapres-dari-koalisi-pro-jokowi

https://www.youtube.com/watch?v=PnasNhcq8X0

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video yang mengklaim Partai Nasdem akhirnya beralih mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 adalah tidak benar. Faktanya tidak ditemukan informasi valid terkait klaim tersebut.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.