Sukses

Hoaks Terkini Seputar Bencana, dari Tsunami sampai Banjir

Berikut hoaks terkini seputar bencana alam.

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa seputar bencana alam kerap diiringi dengan hoaks, hal ini tentu dapat menimbulkan keresahan pihak yang mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi viral seputar bencana alam yang berdar di tengah masyarakat, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Berikut hoaks terkini seputar bencana alam.

Foto Tsunami di Turki

 

Penelusuran klaim foto tsunami di Turki

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto tsunami di Turki, kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 7 Februari 2023.

Unggahan klaim foto tsunami di Turki menampilkan gelombang ombak yang menuju daratan, terlihat juga beberapa orang dan bangunan dalam foto tersebut.

Pada foto terdapat tulisan "TSUNAMI OF TURKEY".

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Innalillahi Wainnailaihi Roji'un 🙏🙏🙏🙏Korban jiwa gempa Turki dan Suriah berkekuatan magnitudo 7,8 yang disusul oleh gempa M 7,5 terus bertambah dan telah menembus 3.800 orang.

Dilansir AFP, Selasa (7/2/2023), setidaknya 1.444 orang tewas di seluruh Suriah, kata pemerintah dan penyelamat. Jumlah korban baru membuat total kematian di kedua negara menjadi setidaknya 3.823 setelah Turki merevisi jumlah korban sebelumnya menjadi 2.379. Turki mengumumkan tujuh hari berkabung bagi yang meninggal.

Ankara pun mengumumkan pada Senin (6/2/2023) malam hampir 14.500 orang terluka dan 4.900 bangunan rata dengan tanah.

Penyelamatan juga terhambat oleh badai salju musim dingin yang menutupi jalan-jalan utama dengan es dan salju. Para pejabat mengatakan gempa membuat tiga bandara utama di daerah itu tidak dapat beroperasi, sehingga mempersulit pengiriman bantuan vital.

Menurut laporan badan Survei Geologi AS (USGS), gempa pertama terjadi pada Senin terjadi pada pukul 04:17 waktu setempat di kedalaman sekitar 18 kilometer di dekat kota Gaziantep, Turki, yang merupakan rumah bagi sekitar dua juta orang.

Lembaga geologi Denmark mengatakan getaran mencapai pantai timur Greenland sekitar delapan menit setelah gempa utama melanda Turki.

Lebih dari 12.000 orang terluka di Turki, kata badan manajemen bencana, sementara Suriah mengatakan sedikitnya 3.411 orang terluka.

😢😢😢😢😢😢😢😢"

Benarkah klaim foto tsunami di Turki? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Erupsi Gunung Merapi

  Video Gunung Merapi Meletus

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Gunung Merapi meletus

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Gunung Merapi meletus, kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 11 Maret 2023.

Unggahan klaim video Gunung Merapi meletus tersebut menampilkan gunung sedang mengeluarkan asap dan guguran debu, dalam video tersebut juga telihat jalan sepi dan kendaraan sedang menjauh dari arah gunung tersebut.

Unggahan klaim video Gunung Merapi meletus tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Merapi meletus 😭😭😭..yg punya sanak saudara sekitar Magelang,Muntilan,Klaten ,Boyolali..tolong di hubungi...semoga smua nya pada sehat selalu... Aamiin"

Benarkah klaim video Gunung Merapi meletus? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

 

Video Terkait Erupsi Gunung Merapi

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video terkait erupsi Gunung Merapi. Kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 13 Maret 2023.

Klaim video terkait korban erupsi Gunung Merapi menampilkan suasana lingkungan dengan langit kelabu dan terdapat debu di udara dan pasir di jalan.

Sejumlah orang sebagian besar kalangan ibu dan anak menaiki kendaraan roda empat bak terbuka yang terdapat tulisan "PASIRIAN 02".

Dalam video tersebut terlihat wajah masyarakat yang cemas juga terdengar suara tangisan dan suara orang mengajak menaiki kendaraan tersebut dengan bahasa Jawa.

"DOA KAMI ERUPSI GUNUNG MERAPI

#Gunungmeletus #Gunungmerapi #Meletus #berita #viral #reels #gunung #Magelang #Jateng #DIY #terbaru"

Benarkah klaim video terkait erupsi Gunung Merapi? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini...

3 dari 4 halaman

Banjir

Video Banjir di Tol Karawang Barat

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video banjir di tol Karawang Barat, kabar tersebut dimuat salah satu akun Facebook, pada 1 Maret 2023.

Unggahan tersebut menampilkan sejumlah kendaraan terendam banjir di jalan raya.

Di dalam video tersebut terdapat tulisan "tol karawang barat".

Video tersebut diberi keterangan "Banjir tol Karawang barat".

Benarkah klaim video banjir di tol Karawang Barat? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

 

Video Banjir Tanggul Gresik Jebol

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video tanggul Gresik jebol, kabar tersebut beredar lewat aplikasi WhatsApp dan diunggah salah satunya diungah akun Facebook, pada 24 Februari 2023.

Unggahan klaim video tanggul Gresik jebol tersebut menampilkan sejumlah mobil di jalan raya terendam banjir dan ada sebagian yang mengapung.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Innalilahi wainnailaihi rojiuun..Tanggul Brantas wil Driyodrejo Gresik jebol.Gimana kabar saudara kita disana?"

Benarkah klaim video tanggul Gresik jebol? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.