Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Ini Terkait Erupsi Gunung Merapi

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video terkait erupsi Gunung Merapi. Kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 13 Maret 2023.

Klaim video terkait korban erupsi Gunung Merapi menampilkan suasana lingkungan dengan langit kelabu dan terdapat debu di udara dan pasir di jalan.

Sejumlah orang sebagian besar kalangan ibu dan anak menaiki kendaraan roda empat bak terbuka yang terdapat tulisan "PASIRIAN 02".

Dalam video tersebut terlihat wajah masyarakat yang cemas juga terdengar suara tangisan dan suara orang mengajak menaiki kendaraan tersebut dengan bahasa Jawa.

"DOA KAMI ERUPSI GUNUNG MERAPI

#Gunungmeletus #Gunungmerapi #Meletus #berita #viral #reels #gunung #Magelang #Jateng #DIY #terbaru"

Benarkah klaim video terkait erupsi Gunung Merapi? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video terkait erupsi Gunung Merapi dengan menangkap layar video tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image dan Yandex. Namun tidak ada sumber yang mengarah pada video tersebut.

Penelusuran dilanjutkan dengan Google Search dengan kata kunci 'pasirian evakuasi'. Dari hasil penelusuran mengarah pada sejumlah situs terkait evakuasi warga Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang Jawa Timur yang dievakuasi saat erupsi Gunung Semeru pada 4 Desember 2022.

Penelusuran dilanjutkan dengan menelusuri akun Instagram resmi Polres Lumajang @humaspolreslumajang, akun Instagram tersebut mengunggak video yang identik pada 4 Desember 2022.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Anggota Polres Lumajang Membantu Evakuasi masyarakat Antisipasi APG Gunung Semeru

#bidhumaspoldajatim#divisihumaspolri#humaspolri#tribratanews#multimediapolri#polripresisi#poldajatim#polisiindonesia#bidhumaspoldajatim#Akpol2001_sarjaaryaracana#ssdm_polri#listyosigitprabowo#wahyuwidada".

Penelusuran juga mendapati video yang diunggah akun Facebook resmi Polda Jawa Timur Humas Polda Jatim, pada 5 Desember 2022 akun Facebook tersebut mengunggah rangkaian video, di detik ke 16 terdapat video yang identik dengan klaim.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Bhabinkamtibmas Polsek Pasirian Tanggap Membantu Evakuasi Warga Erupsi Gunung Semeru.".

Sumber:

https://www.instagram.com/p/ClvSQMbD1IF/

https://www.facebook.com/watch/?v=895249415184708

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video terkait erupsi Gunung Merapi tidak benar.

Peristiwa dalam video tersebut adalah proses evakuasi masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru pada 4 Desember 2022.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.