Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Gunung Merapi Meletus dalam Video Ini

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Gunung Merapi meletus, kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 11 Maret 2023.

Unggahan klaim video Gunung Merapi meletus tersebut menampilkan gunung sedang mengeluarkan asap dan guguran debu dan telihat kendaraan sedang menjauh dari arah gunung tersebut.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Merapi meletus šŸ˜­šŸ˜­šŸ˜­..yg punya sanak saudara sekitar Magelang,Muntilan,Klaten ,Boyolali..tolong di hubungi...semoga smua nya pada sehat selalu... Aamiin"

Benarkah klaim video Gunung Merapi meletus? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Ā 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.comĀ menelusuri klaim video Gunung Merapi meletus dengan menangkap layar untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

Ā 

<p>Tangkapan layar Google Image untuk penelusuranĀ klaim video gunung Merapi meletus</p>

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs salah satunya berjudul "2018 Video Recirculated After the Recent Volcano Eruption in Indonesia" yang dimuat situs Misbar.com, dalam artikel tersebut membahas tentang video yang sama dengan klaim.

Situs Misbar.com menyebutkan, video tersebut adalah peristiwa letusan gunung berapi Gunung Sinabung Ā pada tanggal 19 Februari 2018, gunung tersebut meluncurkan gumpalan abu lebih dari 7 kilometer (4,5 mil) ke udara.

Penelusuran juga mengarah pada unggahan video yang identik oleh akun TwitterĀ Sutopo Purwo Nugroho @Sutopo_PN, pada 19 Februari 2019.

Sutopo Purwo Nugroho yang saat mengunggah video tersebut menjabat sebagaiĀ  Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat (Humas) di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), video yang diunggahnya identik dengan klaim video, diberikan keterangan sebagai berikut.

"Dahsyatnya letusan Gunung Sinabung. Tinggi kolom hingga 5 km disertai luncuran awan panas hingga 4,9 km. Suara bergemuruh. Baru kali ini letusan disertai suara gemuruh sejak 2014-2018. Tidak ada korban jiwa. Semua penduduk di zona merah sudah lama diungsikan. #volcano #Sinabung".

Sumber:

https://misbar.com/en/factcheck/2023/03/11/2018-video-recirculated-after-the-recent-volcano-eruption-in-indonesia

https://twitter.com/Sutopo_PN/status/965534412786946048

Ā 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuranĀ Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Gunung Merapi meletus tidak benar.

Faktanya video tersebut adalah peristiwa letusan gunung berapi Gunung Sinabung pada tanggal 19 Februari 2018.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.