Sukses

Hoaks Seputar Pembayaran Listrik, dari Gratis hingga Kenaikan Tarif

Berikut kumpulan hoaks seputar seputar pembayaran listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks seputar pembayaran listrik kerap muncul di tengah masyarakat, kabar bohong tersebut pun dapat menyesatkan pihak yang mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar pembayaran listrik, mulai dari token gratis sampai kenaikan tarif.

Berikut kumpulan hoaks seputar pembayaran listrik.

Pembagian Token Gratis PLN dengan Unduh Aplikasi Tertentu

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim ada pembagian token gratis dari PLN dengan cara mengunduh aplikasi tertentu. Postingan ini beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 6 Maret 2023.

Dalam postingannya terdapat gambar berjudul "Aplikasi Token PLN Gratis". Lalu ada narasi "aplikasi subsidi token PLN 2023 kuota terbatas dan hanya untuk hari ini, instal untuk mendapatkannya".

Lalu akun itu menambahkan narasi "Jangan Sampai Gak kebagian Ya"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim ada pembagian token gratis dari PLN dengan cara mengunduh aplikasi tertentu? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini...

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gratis Air, Gas, dan Listrik di Turkmenistan Sampai Detik Ini

Klaim tentang pemerintah Turkmenistan memberikan air, gas, dan listrik gratis bagi warganya sampai detik ini beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Instagram pada 24 Juni 2022.

Akun Instagram tersebut mengunggah narasi berisi klaim bahwa Turkmenistan memberi rakyatnya air, gas, dan listrik secara gratis sejak 1993 sampai detik ini.

"Inilah Turkmenistan Negara yang telah memberi rakyatnya air, gas, dan listrik secara gratis dari tahun 1993 sampai detik ini. Hasil bumi negara ini dikelola dan dipakai untuk rakyatnya sendiri," demikian narasi yang diunggah akun Instagram tersebut.

Konten yang disebarkan akun Instagram tersebut telah 114.585 kali direspons dan mendapat banyak komentar dari warganet.

Benarkah klaim pemerintah Turkmenistan memberikan air, gas, dan listrik secara cuma-cuma bagi warganya hingga detik ini? Simak hasil penelusurannya di sini...

 

3 dari 4 halaman

PLN Naikkan Tarif Listrik Nonsubsidi di Tengah Pandemi COVID-19

Kabar tentang Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang menaikkan tarif listrik nonsubsidi secara diam-diam di tengah pandemi virus Corona COVID-19 beredar di media sosial.

Kabar ini disebarkan akun Facebook En Wahyu Ningsih pada 5 April 2020. Akun Facebook En Wahyu Ningsih mengunggah gambar tangkapan layar twit akun Twitter @podoradong yang menyebut bahwa PLN menaikkan tarif listrik.

Berikut narasinya:

PLN diam-diam menaikkan listrik non subsidi

"No caption aahhh...," tulis akun Facebook En Wahyu Ningsih.

Benarkah PLN menaikan tarifl listrik  listrik nonsubsidi secara diam-diam di tengah pandemi? Simak hasil penelusurannya di sini..

 

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.