Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar PLN Naikkan Tarif Listrik Nonsubsidi di Tengah Pandemi COVID-19

Beredar kabar PLN menaikkan tarif listrik nonsubsidi di tengah pandemi virus Corona COVID-19. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang menaikkan tarif listrik nonsubsidi secara diam-diam di tengah pandemi virus Corona COVID-19 beredar di media sosial.

Kabar ini disebarkan akun Facebook En Wahyu Ningsih pada 5 April 2020. Akun Facebook En Wahyu Ningsih mengunggah gambar tangkapan layar twit akun Twitter @podoradong yang menyebut bahwa PLN menaikkan tarif listrik.

Berikut narasinya:

PLN diam-diam menaikkan listrik non subsidi

"No caption aahhh...," tulis akun Facebook En Wahyu Ningsih.

Konten yang diunggah akun Facebook En Wahyu Ningsih telah 629 kali dibagikan dan mendapat 48 komentar warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang PLN yang menaikkan tarif listrik nonsubsidi di tengah pandemi virus Corona COVID-19. Penelusuran dilakukan dengan menghubungi pihak PLN.

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, I Made Suprateka mengungkapkan bahwa kabar pihaknya menaikkan tarif listrik pelanggan nonsubsidi tidak benar.

"Tidak benar," ungkap I Made Suprateka kepada Liputan6.com, Selasa (7/4/2020).

Hal yang sama juga disampaikan General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad. Ikhsan mengatakan, informasi tersebut adalah hoaks.

"Hoax. Enggak ada kenaikan tarif nonsubsidi," kata Ikhsan kepada Liputan6.com, Selasa (7/4/2020).

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang diam-diam menaikkan tarif listrik nonsubsidi di tengah pandemi virus Corona COVID-19 ternyata tidak benar.

PLN hingga kini belum memutuskan menaikkan tarif listrik bagi pelanggan nonsubsidi. Narasi yang disebarkan akun Facebook En Wahyu Ningsih tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerja sama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di e-mail cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini