Sukses

6 Hoaks Sepekan, dari Pembagian Uang sampai Seputar Gagal Ginjal Akut

Liputan6.com, Jakarta- Peredaran hoaks di ruang digital semakin beragam, bahkan sulit dibedakan kabar benar dan salah. Hal ini tentu dapat menyesatkan.

Agar tidak salah percaya pada hoaks kita perlu menyaring informasi yang didapat, dengan memastikan kebenarannya terlebih dahulu.

Untuk memudahkan masyarakat membedakan informasi yang benar dan hoaks,Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi yang beredar.

Simak kumpulan hoaks yang berdar dalam sepekan

1. Trans7 Bagikan Uang Rp 50 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi Trans7 bagikan uang Rp 50 juta. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasi Trans7 bagikan uang Rp 50 juta.

"💯INDONESIA GIVEAWAY✅

✅SELAMAT ANDA TERPILIH SEBAGAI PEMENANG GIVE AWAY 📝 TRANS 7*50.000.000.-*

💰PEMENANG GIVE AWAY 💰

Info Lengkap Silahkan isi formatnya Rekening :

📝 *NAMA LENGKAP*:

📝 *NAMA KELURAHAN*:

📱 *NAMA KABUPATEN*:

📱 *NAMA PROVINSI*:

📝 *NAMA BANK* :

📝 *NAMA PEMILIK REK* :

📝 *NO REKENING* :

📝 *NO WA* :

📝 PEKERJAAN :

🙏 *HARAP PASTIKAN REGISTRASI*

*DATA ALAMAT REKENING*

*SUDAH LENGKAP*

*TERIMA KASIH*"

Benarkah informasi Trans7 bagikan uang Rp 50 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

2. TikTok Bagikan Hadiah Mobil hingga Uang Rp 75 juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim TikTok Indonesia membagikan hadiah mobil hingga uang Rp 75 juta, informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim TikTok Indonesia membagikan hadiah mobil hingga uang Rp 75 juta berupa tulisan yang menyatakan nomor WhatApp pengguna mendapatkan hadiah dari TikTok Indonesia, untuk mengambil hadiah tersebut penerima pesan diarahkan untuk mengklik tautan yang tertera dalam pesan tersebut.

Berikut tulisannya.

"------ INFO RESMI -------

Selamat No WhatsAppAnda Mdptkan Hadiah dr TIKTOK INDONESIA ID

Cara pengambilan

Hadiah Cek dilink:

Bit.ly/TIK-TOKCASH-INDONESIA"

Ketika tautan tersebut diklik maka mengarah pada halaman situ yang berisi informasi sebagai berikut.

"GIVE AWAY TIKTOK CASH

GALERY PEMENANG HADIAH GIVE AWAY TIKTOK CASH

Disampaikan Kepada Saudara(i) Pemenang yang beruntung mendapatkan Pesan Resmi Undian TIKTOK CASH disertai dengan KODE ID PEMENANG Yang mencantumkan alamat Situs Resmi kami:https://bit.ly/TIK-TOKCASH-INDONESIABerarti Sah selaku pemenang Resmi Hadiah langsung dari TIKTOK CASHSELAMAT... Kepada Para Pemenang Yang beruntung Di Tahun 2022. Silahkan Anda Cocokkan KODE ID PEMENANG Yang Telah Anda Terima melalui Via Pesan Whatsapp Dari TIKTOK CASH Dengan Hadiah Yang Sudah Terterah Di Bawah ini.Jika ada Kesamaan anda Segera Konfirmasi atau Menghubungi Melalui Nomor Yang Telah Tercantum Di Situs ini."

Dalam halaman situs tersebut juga menyertakan hadiah yang bisa didapat mulai dari mobil, motor hingga uang Rp 75 juta.

Penerima pesan pun diarahkan untuk melakukan verikfikasi pin pemenang.

Benarkah informasi TikTok Indonesia membagikan hadiah mobil hingga uang Rp 75 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

3. Video Jembatan Serayu Adipala Cilacap Runtuh dan Hanyut pada 15 Oktober 2022

Sebuah video yang diklaim jembatan Serayu, Adipala, Cilacap, Jawa Tengah runtuh dan hanyut beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 15 Oktober 2022 lalu.

Akun Facebook tersebut mengunggah sebuah video dari situs berbagi video YouTube. Pada video berdurasi 1 menit 4 detik itu, memperlihatkan detik-detik sebuah jembatan ambruk diterjang banjir.

Pada Video itu juga terdapat narasi yang berisi bahwa jembatan yang runtuh tersebut adalah jembatan Serayu, Adipala, Cilacap, Jawa Tengah.

"Jembatan adipala hancur & hanjut jurusan cilacap selatan tertutup," demikian narasi dalam video tersebut.

"Sedang viral jembatan serayu selarang adipala runtuh hanyut," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 4 kali dibagikan dan mendapat beberapa respons dari warganet.

Benarkah dalam video itu jembatan Serayu, Adipala, Cilacap, Jawa Tengah runtuh dan hanyut? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Hoaks Berikutnya

4. Video Motor Hanyut Akibat Banjir Bogor

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video sepeda motor hanyut akibat banjir Bogor. Informasi tersebut diungguah salah satu akun Facebook, pada 15 Oktober 2022.

klaim video sepeda motor hanyut akibat banjir Bogor menampilkan sejumlah kendaraan bergelimpangan diterpa air yang mengalir, terlihat juga dalam video tersebut sejumlah orang mengenakan helm berdiri.

Dalam video tersebut juga menampilkan rumah yang rubuh dan hanyut terseret arus air yang mengalir.

Dalam video tersebut terdapat tulisan "BOGOR MENJERIT KERAS!!"

"BOGOR BARU SAJA B4NJIR RUMAH & KENDARAAN HANYUT"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"DETIK DETIK BANJIR BANDANG BOGOR "

Benarkah video sepeda motor hanyut akibat banjir Bogor? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

5. Daftar 15 Obat Berbahaya

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim daftar 15 obat berbahaya, kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 Oktober 2022.

Klaim daftar 15 obat berbahaya berupa tabel yang berisi 15 nama obat, sebagai berikut.

"Psidii Syrup (Psidium gujava folium extract), Paracetamol Syrup, Cetirizine Syrup, Paracetamol Syrup, Curviplex Syrup, Cetirizine Syrup, Ambroxol Syrup, Alerfed SyrupRanivel Syrup, Praxion Syrup, Domperidon Syrup, Paracetamol Syrup, Ambroxol Syrup, Paracetamol Syrup dan Hufagripp Syrup."

Salain itu juga terdapat beberapa potongan layar artikel salah satunya berjudul "Wamenkes: 15 dari 18 Obat Sirop Mengandung Etilen Glikol"

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Duh duh duhhhhhh

Daftar nama obat yang mengandung bahan berbahaya

#sekilasinfo"

Benarkah klaim daftar 15 obat berbahaya? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

6. Gagal Ginjal Akut pada Anak karena Vaksin Covid-19

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim gagal ginjal akut pada anak karena vaksin Covid-19. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Twitter, pad 17 Oktober 2022.

Unggahan klaim gagal ginjal akut pada anak karena vaksin Covid-19 berupa tulisan sebagai berikut.

"Selama rentang 2021-2022 ada DUA kasus Misterius menyerang anak2 yg akibatkan kematian: 1) Hepatitis 2) Gagal Ginjal Akut.

Misteriusnya ini krn tidak ada satupun pihak yg mau mengakui bhw kedua kasus ini berasosiasi dg VADE krn Vaksin COVID19."

Disertai dengan tautan artikel berjudul "Gagal Ginjal Akut Misterius Serang 152 Anak, Apa Penyebabnya?" yang dimuat situs cnbcindonesia.com.

Benarkah klaim gagal ginjal akut pada anak karena vaksin Covid-19? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS