Sukses

Hoaks Catut Perusahaan BUMN Jadi Modus Penipuan, Simak Daftarnya

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN kerap dicatut namanya untuk dijadikan bahan hoaks sebagai modus penipuan, mulai dari PT Pertamina (Persero) hingga BNI.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar perusahaan BUMN, mulai dari surat pemanggilan seleksi pegawai hingga pembagian uang, hal ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat mengenali informasi yang diterima hoaks atau benar.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com pun menunjukkan, sebagian informasi yang berdar di media sosial dan aplikais percakapan tersebut hoaks.

Simak kumpulan hoaks yang mencatut perusahaan BUMN.

Surat Pemanggilan Seleksi Pegawai BNI Minta Biaya Akomodasi

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi surat pemanggilan seleksi pegawai PT Bank Negara Indonesia atau BNI, surat tersebut beredar di tengah masyarakat.

Informasi surat panggilan seleksi pegawai BNI memuat sejumlah keterangan, seperti pernyataan kelulusan untuk mengikti seleksi tahap berikutnya, imbauan kelengkapan yang dibawa saat proses seleksi dan permintaan biaya akomodasi selama mengikuti seleksi dan akan dikembalikan pihak BNI setelah tahapan tersebut dilakukan.

Dalam surat tersebut peserta yang dinyatakan lulus mengikuti seleksi tahap berikutnya diarahkan untuk menlakukan reservasi tiket transprotasi dan registrasi pesrta tes interview, dengan mengisi data probadi dan mengirimnya ke nomor yang sudah dicantumkan lewat WhatsApp.

Benarkah informasi surat panggilan seleksi pegawai BNI? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Surat Panggilan Seleksi Calon Pegawai Pertamina 5 Agustus

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi surat pemanggilan seleksi calon pegawai PT Pertamina (Persero), kabar tersebut beredar di tengah masyarakat.

Surat pemanggilan seleksicalon pegawai Pertamina terdiri dari empat lembar, pada lembar pertama disertai kepala surat mengatasnamakan PT Pertamina (Persero) yang beralamat di Jl. Medan Merdeka Timur 1A.Jakarta Pusat 10110. Indonesia.

Dalam lembar tersebut berisi pemberitahuan bahwa seorang yang namanya tercantum dalam surat tersebut lolos untuk melanjutkan seleksi rekrutmen pegawai Pertamina tahap berikutnya, berikut jadwal tahapan seleksi dari Jumat 5 Agustus 2022 sampau Minggu 7 Agustus 2022. Seleksi dilakukan di Gedung Pertemuan Pertamina Persero Unit Pemasaran Jakarta Jl. Jendral Sudirman Jakarta Pusat.

Pada lembar ke dua berisi 40 nama yang lolos untuk melanjutkan seleksi rekrutmen pegawai Pertamina tahap berikutnya.

Berikutnya di lembar ketiga berisi keterangan yang mengarahkan para calon karyawan untuk segera melakukan konfirmasi kehadiran mengikuti seleksi calon pegawai tahap berikutnya.

Dengan mengirim format SMSPERTAMINA - NAMA/NO.TES - HADIR/TIDAk ke nomor +62 82128589133 Ketua Tim Recruitment Drs. Albertus Noach Alexander Ansanay. M.Ak.

Pada lembar tersebut peserta diminta untuk menalangi biaya akomodasi dan biaya tersebut akan digantikan pihak Pertamina sebelum kegiatan dimulai.

Untuk reservasi tiket dan penjemputan dari bandara ke tempat pelaksanaan kegiatan peserta seleksi diharapkan melakukan pemesanan tiket pulang - pergi, hotel, penjemputandan lain lain ke travel yang sudah disediakan guna mempermudah sistem penggantian dana nantinya.

Dalam lembar keempat surat tersebut peserta dimina untuk melakukan reservasi tiket transportasi dengan menghubungi Panitia Angkasa Pura di Jakarta atas nama Ir. H.Edy Gunawan dengan kontak WhatsApp +62 81241396557.

Benarkah surat pemanggilan seleksi pergawai Pertamina? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

3 dari 3 halaman

Pendaftaran BI Fast dan Pemberian Bilyet Giro Sebesar Rp 55 juta dari BRI

Link Pendaftaran BI Fast Catut Nama Bank BRI

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai berisi link pendaftaran BI Fast dari BRImo. Pesan berantai itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 29 Juli 2022.

Berikut isi pesan berantai tersebut:

"Khusus Nasabah BRI yang sudah terdaftar di BRImo. Sobat BRI. Silakan daftar BI FAST di BRImo nikmati murahnya transaksi.

- Transfer Antar Bank hanya Rp.2.500

- Tarik Tunai di Mesin ATM Bank lain Rp.2.500

+ Gratis Biaya Notif SMS BRI Info lebih lanjut tentang pendaftaran BI Fast Brimo silakan menu daftar di bawah ini...!!"

Lalu benarkah pesan berantai berisi link pendaftaran BI Fast dari BRImo? Simak dalam artikel berikut ini...

 

BRI Bagikan Bilyet Giro Sebesar Rp 55 juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi PT Bank Rakyat Indonesia atau BRI membagikan bilyet giro sebesar Rp 55 juta. Kabar tersebut disebar lewat aplikasi percakapan.

Informasi BRI bagikan bilyet giro sebesar Rp 55 juta tersebut berupa tulisan yang disertai dengan tautan seperti berikut.

"Sobat BRI Yth !!!

Nomor Rekening BRI Anda Mendapatkan

BILYET GIRO Rp.55.000.000,-.

NO.UNDIAN ANDA (195859)

Untuk Info Klik:

bit.do/PROMOBRIPOIN"

Benarkah Informasi BRI bagikan bilyet giro sebesar Rp 55 juta? Simak dalam artikel berikut ini...