Sukses

Awas Tertipu, Simak Hoaks Terkini Seputar Pembagian Uang

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks pembagian uang beredar di tengah masyarakat, kabar palsu tersebut dikemas sangat menarik dengan nominal yang fantastis. Namun perlu diingat hal ini merupakan salah satu modus penipuan.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuru sejumlah informasi seputar pembagian uang yang tersebar lewat aplikasi percakapan dan media sosial, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks seputar pembagian uang hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

BPJS Kesehatan Bagikan Dana Bansos Rp 125 juta untuk Berobat hingga Tempat Tinggal

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi BPJS Kesehatan bagikan dana bansos sebesar Rp 125 juta untuk biaya berobat, sekolah, usaha dan tempat tinggal, kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasi informasi BPJS Kesehatan bagikan dana bansos sebesar Rp 125 juta

"*INFO RESMI DARI BPJS INDONESIA*Selamat Nomor WhatsApp AndaTerpilih Sebagai PenerimaDana Bantuan/Bansos DariBPJS Kesehatan Jakarta Pusat*Rp.125,000.000*

*KEGUNAAN DANA BANTUAN INI*1.BIAYA BEROBAT2.BIAYA SEKOLAH3.MODAL USAHA4.MEMBANGUN TEMPAT TINGGAL (Rumah)

Baca keterangan di situs link,nya⬇️klik: s.id/DanaBpjsPusat

Untuk mendapatkan Dana Bantuan IniKetik (BPJS) Kirim Ke WhatsApp Di Bawah⬇️WhtsApp : +6282239501121

*TERIMA KASIH*"

Benarkah informasi BPJS Kesehatan bagikan dana bansos sebesar Rp 125 juta untuk biaya berobat, sekolah, usaha dan tempat tinggal ? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bagi-Bagi Uang Catut Nama Baim Wong di Facebook

Kabar tentang artis sekaligus YouTuber Baim Wong membagikan uang tunai lewat akun Facebook bernama B0SQUE beredar di media sosial. Akun Facebook tersebut menggunakan foto profil Baim Wong.

Dalam salah satu kontennya, akun tersebut memuat video Baim Wong dengan narasi berisi iming-iming membagikan uang tunai senilai puluhan juta rupiah.

"Saya transfer 35 juta tanpa di undi. Khusus yang memiliki buku rekening BCA, BNI, Mandiri, BRI," demikian narasi dalam video tersebut.

Tak hanya itu, akun Facebook B0SQUE juga meminta warganet mengklik sebuah tautan jika ingin mendapatkan hadiah puluhan juta rupiah secara cuma-cuma. Ternyata tautan itu mengarah ke nomor WhatsApp.

"Buat yang sudah follow like coment & share untuk dapatkan uang tunai kirim jawaban anda disini👇

https://wa.me/message/WEB4EG2KKGKIJ1 👈," tulis akun Facebook B0SQUE.

Konten yang disebarkan akun Facebook B0SQUE telah 180 ribu kali ditonton dan mendapat 15 ribu komentar warganet.

Benarkah Baim Wong membagikan uang tunai puluhan juta rupiah lewat akun Facebook B0SQUE? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.

 

3 dari 4 halaman

BRI Bagikan Bilyet Giro Sebesar Rp 55 juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi PT Bank Rakyat Indonesia atau BRI membagikan bilyet giro sebesar Rp 55 juta. Kabar tersebut disebar lewat aplikasi percakapan.

Informasi BRI bagikan bilyet giro sebesar Rp 55 juta tersebut berupa tulisan yang disertai dengan tautan seperti berikut.

"Sobat BRI Yth !!!

Nomor Rekening BRI Anda Mendapatkan

BILYET GIRO Rp.55.000.000,-.

NO.UNDIAN ANDA (195859)

Untuk Info Klik:

bit.do/PROMOBRIPOIN"

Benarkah Informasi BRI bagikan bilyet giro sebesar Rp 55 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.