Sukses

Cek Fakta: Muncul Lagi Hoaks Bagi-Bagi Uang Catut Nama Baim Wong di Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang artis sekaligus YouTuber Baim Wong membagikan uang tunai lewat akun Facebook bernama B0SQUE beredar di media sosial. Akun Facebook tersebut menggunakan foto profil Baim Wong.

Dalam salah satu kontennya, akun tersebut memuat video Baim Wong dengan narasi berisi iming-iming membagikan uang tunai senilai puluhan juta rupiah.

"Saya transfer 35 juta tanpa di undi. Khusus yang memiliki buku rekening BCA, BNI, Mandiri, BRI," demikian narasi dalam video tersebut.

Tak hanya itu, akun Facebook B0SQUE juga meminta warganet mengklik sebuah tautan jika ingin mendapatkan hadiah puluhan juta rupiah secara cuma-cuma. Ternyata tautan itu mengarah ke nomor WhatsApp.

"Buat yang sudah follow like coment & share untuk dapatkan uang tunai kirim jawaban anda disinišŸ‘‡

https://wa.me/message/WEB4EG2KKGKIJ1 šŸ‘ˆ," tulis akun Facebook B0SQUE.

Konten yang disebarkan akun Facebook B0SQUE telah 180 ribu kali ditonton dan mendapat 15 ribu komentar warganet.

Benarkah Baim Wong membagikan uang tunai puluhan juta rupiah lewat akun Facebook B0SQUE? Berikut penelusurannya.

Ā 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Ā 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar Baim Wong membagikan uang tunai puluhan juta rupiah lewat akun Facebook B0SQUE. Penelusuran dilakukan dengan membuka akun Instagram yang dikelola pihak Baim Wong, yakni @tiger.wongentertainment.

Akun Instagram @tiger.wongentertainment mengunggah konten berisi pemberitahuan untuk mewaspadai modus penipuan yang mengatasnamakan pihak Baim Wong. Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Instagram @tiger.wongentertainment.</p>

"Bosqueee!

Hati-hati yaaaa kalau ada orang atau siapa pun yang nelpon atau whatsapp dan bilang kalau bosque menang giveaway dari @baimwong atau @tiger.wongentertainment

Karena segala informasi, atau pengumuman pemenang giveaway hanya kita hubungi langsung dari akun Instagram @baimwong / @tiger.wongentertainment

Jadi, kalau tiba-tiba ada yang nelpon langsung ke bosque, itu hanya oknum yang ingin memanfaatkan bosque aja!

Jangan percaya gitu aja ya, bosque! Apalagi sampe minta dikirimin nomor kartu atmnya, atau minta transfer sejumlah uang sebagai biaya administrasi

Tetap waspada ya, bosque!" tulis akun Instagram @tiger.wongentertainment pada 23 Juli 2022.

Ā 

Referensi:

https://www.instagram.com/p/CgVvaOtBo_q/?hl=id

Ā 

Ā 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar Baim Wong membagikan uang tunai puluhan juta rupiah lewat akun Facebook B0SQUE ternyata tidak benar alias hoaks. Akun Facebook tersebut bukan akun resmi yang dikelola Baim Wong. Diduga, akun Facebook B0SQUE merupakan modus penipuan yang mencatut nama Baim Wong.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS