Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Nata De Coco Terbuat dari Plastik

Liputan6.com, Jakarta - Beredar kembali di media sosial dan aplikasi percakapan postingan video yang mengklaim nata de coco terbuat dari plastik. Postingan itu muncul sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 4 Desember 2019.

Dalam video tersebut terdapat seseorang yang menyebut nata de coco disebut terbuat dari plastik. Ia juga menyebut jika makan nata de coco sering tersangkut di gigi karena tidak halus.

Akun itu menambahkan narasi:

"Waspada beli Nata,de coco...kita mkn plastik"

Lalu benarkah postingan video yang menyebut nata de coco terbuat dari plastik?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan memasukkan kata kunci "nata de coco plastik" di mesin pencarian Google. Hasilnya ada penjelasan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait masalah ini.

Berikut isi penjelasannya:

"Menyikapi meluasnya isu negatif tentang Nata De Coco di berbagai media sosial, Badan POM memandang perlu menginformasikan hal- hal sebagai berikut:

1. Nata de coco merupakan pangan yang dibuat dari bahan baku air kelapa. Dalam kategori pangan, masuk ke dalam kelompok bahan baku berbasis buah.

2. Dalam proses pembuatannya, pangan yang menyerupai gel ini terbentuk dari jutaan benang selulosa yang berlapis-lapis, sehingga menjadikan pangan ini mengandung serat tinggi yang baik untuk tubuh.

3. Benang serat tipis atau selulosa tersebut, sering juga disebut sebagai dietary fiber atau serat pangan yang memang diperlukan dan penting untuk pencernaan.

4. Lapisan yang banyak tersebut juga membuat nata de coco bisa memerangkap cairan. Jika ditekan, cairan tersebut akan keluar dan yang tertinggal adalah benang-benang serat yang menyerupai lembaran tipis. Lembaran tipis ini lah yang diisukan atau disebut-sebut seolah-olah lembaran plastik.

5. Potongan nata de coco yang semula lembut kenyal bisa digigit putus, akan menjadi sangat liat, dan sangat sulit untuk disobek jika cairannya berkurang karena yang tertinggal adalah kumpulan benang- benang serat tipis.

6. Mutu nata de coco yang baik ditandai dengan warnanya yang putih bersih, transparan, struktur kuat, tidak mudah hancur, tidak lengket, tidak berbau asam, serta tidak mengandung kotoran."

Sumber:

https://www.pom.go.id/new/view/more/klarifikasi/105/PENJELASAN-BADAN-POM-RI--tentang--Isu-Nata-De-Coco.html?fbclid=IwAR1SXpXpnUULuCrpSsaVCT2ADI6vSFNt0vJV9GA3pFz_vsEtobwRvhbyin8

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4135559/penjelasan-bpom-dan-ahli-gizi-soal-isu-nata-de-coco-mengandung-plastik

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video yang menyebut nata de coco terbuat dari plastik adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.