Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar Duel Timnas Indonesia Vs Thailand, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks terkait Timnas Indonesia beberapa kali beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks terkait Timnas Indonesia? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Video Sebut Laga Semifinal SEA Games 2022 Indonesia Vs Thailand Resmi Diulang Karena Ada Kejanggalan

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim laga semifinal SEA Games 2022 antara Indonesia Vs Thailand resmi diulang karena ada kejanggalan. Postingan itu beredar sejak akhir pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 20 Mei 2022.

Akun itu mengunggah sebuah video dari Youtube berjudul "RESMI DIULANG!! PANITIA SEA GAMES AKHIRNYA TEMUI KEJANGGALAN INDONESIA VS THAILAND - INI BUKTINYA"

Akun itu juga menambahkan narasi, "Timnas seharusnya mendapatkan hadiah pinalti.... Lagi lagi wasit yg merugikan timnas indonesia"

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim laga semifinal SEA Games 2022 antara Indonesia Vs Thailand resmi diulang karena ada kejanggalan? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Thailand Didiskualifikasi dari Piala AFF 2020 Karena Pemainnya Memakai Doping

Beredar di media sosial postingan terkait Timnas Thailand didiskualifikasi dari Piala AFF 2020 karena ada pemainnya yang memakai doping. Postingan ini ramai dibagikan sejak beberapa hari lalu.

Salah satu akun yang mempostingnya berada di Facebook. Dia mengunggahnya pada 31 Desember 2021.

Dalam unggahannya terdapat cuplikan layar video berjudul "Kabar Baik Buat Timnas Indonesia Pertandingan Final Leg 1 Diulang, Kabar Baik Timnas Indonesia, Thailand di Diskualifikasi"

Akun itu juga menambahkan narasi:

"Hello buat pendukung timnas Indonesia ini kabar gembira karena final piala AFF di ulang kembali karena timnas Thailand kedapatan doping .... Mari kita sungguh sungguh berdoa buat timnas Indonesia kita ..."

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Timnas Thailand didiskualifikasi dari Piala AFF 2020 karena ada pemainnya yang memakai doping? Simak dalam artikel berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.