Sukses

Cek Fakta: Hoaks Tiktok Bagikan Giveaway Cek Rp 155 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di aplikasi percakapan pesan berantai yang menyebut Tiktok membagikan cek sebesar Rp. 155 juta. Pesan berantai itu menyebar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu pesan berantai itu tersebar melalui pesan singkat atau SMS. Berikut narasi selengkapnya:

"SELAMAT NO. Anda

M-dptkan Cek; 155jta

Dri Giveway TIK-TOK 2021PIN, And (F577A79)

Info lanjut cek hbngi

WA 085796933141

klik; bit.ly/giveawaytiktok41"

Lalu benarkah pesan berantai yang menyebut Tiktok membagikan cek sebesar Rp. 155 juta?

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengecek situs yang dimuat dalam pesan berantai itu yakni giveawaytiktok41.blogspot.com.

Hasilnya situs tersebut tidak dapat diakses. Justru terdapat peringatan bahwa situs tersebut diduga merupakan modus penipuan.

Cek Fakta Tiktok 2

"Attackers might be trying to steal your information from giveawaytiktok41.blogspot.com (for example, passwords, messages, or credit cards)" atau dalam Bahasa Indonesia

"Penyerang mungkin mencoba mencuri informasi Anda dari giveawaytiktok41.blogspot.com (misalnya, sandi, pesan, atau kartu kredit)"

Selain itu kami juga menelusuri dengan mengunjungi laman resmi serta akun media sosial terverifikasi milik Tiktok. Hasilnya kami tidak menemukan program hadiah yang dimaksud.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai yang menyebut Tiktok membagikan cek Rp. 155 juta adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.