Sukses

Hoaks Artis Meninggal Dunia: Armand Maulana hingga Iwan Fals

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah artis dan penyanyi sering kali menjadi korban hoaks di media sosial. Tak tanggung-tanggung mereka bahkan sempat dikabarkan meninggal dunia.

Satu di antaranya menimpa musisi Armand Maulana. Pada Kamis 11 Februari 2021 beberapa warganet menyebut vokalis band Gigi tersebut meninggal dunia. Kabar ini beredar di dinding Facebook hingga WhatsApp Group.

Salah satu pengguna Facebook yang membagikan kabar Armand Maulana meninggal dunia adalah Desy Susanty. Berikut narasinya:

"Ini beneran atau hoax ya...? Musisi Armand Maulana meninggal dunia..."

Akun itu juga mengunggah video dengan durasi 12 detik. Video itu diawali dengan judul berita di Pikiran Rakyat, yakni: "Salah Satu Musisi Tanah Air Meninggal Dunia, Armand Maulana: Ya Allah..."

Namun setelah ditelusuri, kabar tentang Armand Maulana meninggal dunia merupakan informasi hoaks. Faktanya, vokalis band Gigi itu masih sehat.

Dia menjelaskan berita tersebut ditujukan untuk sahabatnya yang seorang musisi sudah meninggal dunia.

Selain Armand Maulana, ada sejumlah artis lainnya sempat dikabarkan meninggal dunia tetapi ternyata hoaks. Berikut rangkumannya. 

 

2 dari 5 halaman

Fatin Shidqia

Artis dan penyanyi Fatin Shidqia dikabarkan meninggal dunia pada 22 Februari 2016 lalu. Namun, kabar tersebut diklarifikasi oleh yang bersangkutan. Sepertinya kabar buruk sedang menghantui penyanyi jebolan salah satu ajang kompetisi itu. Melalui akun twitternya, Fatin memberikan keterangan.

"Halo Semua, assalamualaikum! Soal aku meninggal itu hoax ya, jangan khawatir ya teman-teman!," tulis Fathin dalam akun @FatinSL.

Kabar soal Fatin ini tak diketahui dari mana asalnya. Pelantun Aku Masih Setia ini langsung memberikan tanggapan dalam akun Twitternya. Fatin menuliskan bahwa rumor tersebut tidak benar.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

3 dari 5 halaman

Manohara

Pada 17 November 2016 lalu, jagat media sosial dihebohkan dengan kabar meninggalnya artis Manohara. Tak tanggung-tanggung, dalam sebuah artikel yang tersebar di dunia maya, Manohara dikabarkan meninggal akibat overdosis.

Berita tersebut rupanya memalsukan salah satu artikel media online yang dimuat pada 8 November 2013. Isinya tentang seorang penyanyi muda yang tewas akibat pesta miras dan narkoba.

Tidak lama setelah berita palsu tersebut beredar, Manohara langsung mengeluarkan bantahan lewat akun Instagram pribadinya.

Model yang pernah dinikahi Tengku Fakhry, Pangeran asal Kelantan, Malaysia, itu memperlihatkan sebuah foto dirinya yang sedang bermain dengan kucing-kucing kesayangannya.

"Aku hidup! Aku hidup dan baik-baik saja teman-teman. Yang kalian dengar itu bohong," ucapnya dalam keterangan foto itu.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

4 dari 5 halaman

Iwan Fals

Musisi Iwan Fals bukan kali pertama digosipkan meninggal dunia. Namun baru kali ini, gosip tersebut membuat heboh dan lelah keluarga.

Diakui Sila, salah seorang manajer Iwan Fals, kabar meninggalnya Iwan Fals sejak Selasa 7 Mei 2013 cukup merepotkan keluarga dan manajemen. Sejak Rabu 8 Mei 2013 pagi, keluarga dan manajemen sibuk menjawab telpon yang mengonfirmasi kabar meninggalnya Iwan Fals.

"(Kabar Iwan Fals meninggal) ini sebenarnya sudah beberapa kali. Tapi ini lumayan yang paling besar. Lumayan bikin olahraga pagi-pagi, kami (manajemen) dan keluarga capek menjawab telpon terus-terusan dari pagi," ujar Sila, saat dihubungi via ponselnya, Rabu (8/5/2013).

Menurut Sila, telpon yang menanyakan soal kabar Iwan Fals meninggal tidak saja datang dari media. Para musisi senior dan sahabat Iwan Fals pun banyak yang menayakan kabar ngawur tersebut.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: