Sukses

Cek Fakta: Batman Bubarkan Demo di Capitol Hill? Simak Buktinya

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang menggambarkan karakter dari tokih DC, Batman ramai dibicarakan di ruang digital. Dalam klaim disebut kalau Batman membubarkan demo yang terjadi di Capitol Hill (gedung kongres di Washington DC), Amerika Serikat.

Salah satu pengunggah video Batman membubarkan demo di Capitol Hill adalah pengguna Facebook yang berbasis di Indonesia, yakni Wayan Pradnya Sada Mataram. Dia mengunggah video itu pada 7 Januari 2021.

Begini narasinya:

"Okey Batman sudah tiba di Capitol Hill utk bubarin demo."

Di media sosial yang berbasis di luar Indonesia, video Batman dengan klaim yang sama juga beredar di ruang digital Facebook. Video itu muncul saat ada protes pro-Donald Trump di Capitol Hill, Washington DC, 6 Januari 2020.

Lalu, benarkah ada Batman yang membubarkan demo di Capitol Hill pada 6 Januari lalu?

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com membuat tangkapan layar dan mencarinya dengan pencarian gambar terbalik. Hasil penelusuran menyebut video itu asli dan bukan cuplikan dari film Christopher Nolan, 'The Dark Knight Rises'.

Video itu juga bukan menggambarkan Batman membubarkan demi di Capitol Hill. Sesuai hasil penelusuran Google Image, saluran YouTube NIMADIFY menyebut video Batman itu merupakan salah satu aksi protes yang ada di Philadelphia.

Video Batman itu sudah berada di YouTube sejak 31 Mei 2020. Batman di video itu muncul saat protes anti-rasisme di Philadelphia. Protes itu terkait kematian George Floyd. (Lihat video aslinya melalui tautan ini).

Perhatikan perbandingan foto di bawah ini:

 

Hasil penelusuran Google Images juga mengarahkan ke situs AFP Fact Check dalam artikel berjudul: "This video is from a Black Lives Matter protest in Philadelphia last year". Artikel itu sudah dipublikasikan pada 8 Januari 2021.

Disebutkan dalam laporan AFP Fact Check, video tersebut telah beredar di ruang digital sejak Mei 2020. Video itu menggambarkan tentang seorang pengunjuk rasa di demonstrasi Black Lives Matter di Philadelphia, setelah kematian George Floyd.

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Klaim yang menyebut Batman membubarkan demo di Capitol Hill adalah salah. Faktanya, video itu merupakan aksi seorang pengunjuk rasa di demonstrasi Black Lives Matter di Philadelphia, setelah kematian George Floyd.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: