Sukses

Cek Fakta: Hoaks Ajakan Bikin Grup Whatsapp dari Sekjen Kemenkes Bahas Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Beredar melalui aplikasi percakapan pesan berantai berisi ajakan membuat grup Whatsapp mengatasnamakan Sekjen Kemenkes Oscar Primadi. Pesan tersebut ramai dibagikan sejak pekan ini.

Dalam pesan tersebut berisi ajakan untuk membuat grup diskusi terkait covid-19. Berikut isinya:

"Sy. Pak OSCAR PRIMADI SEKJEN KEMENKES Di dorong rasa kemanusiaan kami buat group diskusi online di WhatsApp tentang virus C-19 harapan kami hasil diskusi di group bisa ada manfaatnya buat orang banyak Amin…"

Lalu benarkah ada ajakan dari Sekjen Kemenkes Oscar Primadi untuk membuat grup diskusi soal covid-19?

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 5 halaman

Penelusuran fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan membuka akun resmi Kementerian Kesehatan di Twitter, @KemenkesRI yang sudah bercentang biru atau terverifikasi.

Di sana terdapat postingan yang membahas hal ini pada tanggal 26 Oktober 2020. Berikut isinya:

"#Healthies, dengan ini disampaikan bahwa Sekjen Oscar Primadi tidak pernah membuat WA group ataupun pesan ajakan bergabung dalam grup tertentu untuk berdiskusi mengenai COVID-19. Jadi, apabila menerima pesan serupa sebaiknya diabaikan saja ya, karena itu penipuan. Salam sehat!"

Selain itu ada pernyataan dari Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, drg. Widyawati, MKM.

"Dengan ini kami sampaikan bahwa drg. Oscar Primadi, MPH, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI tidak pernah membuat Whatsapp Group maupun menulis pesan mengajak bergabung dalam tertentu untuk berdiskusi tentang virus C-19 atau COVID-19."

Untuk itu, mohon mengabaikan apabila menerima pesan untuk bergabung dalam Whatsapp group terkait COVID-19 maupun pesan-pesan lainnya yang mengatasnamakan Oscar Primadi."

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Ajakan membuat grup Whatsapp mengatasnamakan Sekjen Kementerian Kesehatan RI Oscar Primadi adalah hoaks.

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini