Sukses

Hadapi Hoaks Perubahan Iklim, Facebook Luncurkan Fitur Pusat Informasi

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya hoaks soal covid-19 yang menyebar di media sosial Facebook. Beragam hoaks dan kabar palsu soal perubahan iklim juga banyak dibagikan oleh para pengguna.

Itu sebabnya Facebook meluncurkan Pusat Informasi Perubahan Iklim mulai pekan ini. Tampilan dalam pusat informasi itu seperti Pusat Informasi Covid-19 yang diluncurkan sejak pandemi virus corona covid-19 beberapa bulan lalu.

Nantinya Pusat Informasi Perubahan Iklim itu akan berisi informasi dari sumber yang kredibel sehingga bisa menangkal hoaks soal perubahan iklim. Namun untuk sekarang pusat informasi ini hanya bisa diakses pengguna di AS, Prancis, Jerman, dan Inggris.

"Pusat Informasi Perubahan Iklim adalah dedikasi Facebook untuk organisasi iklim dunia terpercaya dan juga orang-orang yang berjuang untuk memerangi perubahan iklim setiap hari," bunyi pernyataan Facebook.

"Artikel yang ada dalam Pusat Informasi Perubahan Iklim berasal dari penerbit yang berkualitas dan sumber lain yang memberitakan perubahan iklim dengan benar."

 

2 dari 3 halaman

Kritikan

Facebook selama ini mendapat kritik karena terlalu banyak konten berita palsu atau postingan hoaks. Mereka dituding bisa menimbulkan bahaya di masyarakat.

Hingga saat ini Facebook belum bisa menjelaskan seberapa efektif Pusat Informasi Covid-19 dalam melawan hoaks.

Namun Kepala Produk Facebook, Chris Cox mengklaim Pusat Informasi Covid-19 telah diakses oleh 600 juta orang dan dianggap sukses.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.