Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Ibu Menkeu Mendadak Berubah Jadi Kadrun

Beredar klaim tentang Ibu Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mendadak berubah jadi kadrun, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang Ibu Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mendadak berubah jadi kadrun beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Putra Inka pada 25 Agustus 2020.

Akun Facebook Putra Inka mengunggah gambar tangkapan layar sebuah artikel berjudul "Sri Mulyani: COVID-19 Mengingatkan Kita untuk Lebih Islami". Akun Facebook Putra Inka kemudian menambahkan narasi dalam konten yang diunggahnya tersebut.

"Takut Bernasib Sama Seperti Jaksa Fredrik Adhar Wassallam Mendadak Ibu Menkeu, Mendadak Berubah Menjadi"KADRUN" 😂😂😂Ternyata Kematian Mendadak Karena CORONA Bikin Manusia Tobat Dan Menjadi Ingat Alloh Swt,Bukan Ingat Si Toing Umar Bin Khotob nya Cebong.

Kalian Bisa Nilai Sendiri Gaesss.!," tulis akun Facebook Putra Inka.

Klaim tentang Ibu Menkeu Sri Mulyani mendadak berubah jadi kadrun telah 30 kali dibagikan dan mendapat 2 komentar warganet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang Ibu Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mendadak berubah jadi kadrun. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs pencari Google Reverse Image.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai foto Menkeu Sri Mulyani mengenakan jilbab. Satu di antaranya artikel berjudul "Foto: Gaya Jilbab Simpel Sri Mulyani Saat Berkunjung ke Aceh" yang dimuat situs wolipop.detik.com pada 6 Januari 2017 lalu. Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs wolipo.detik.com

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa foto tersebut diambil ketika Menkeu Sri Mulyani sedang berkunjung ke Banda Aceh pada Kamis 5 Januari 2017 silam. Ada yang berbeda dengan penampilan Sri Mulyani saat hadir di Aceh. Yang tampak sangat berbeda tentu ketika ia menggunakan jilbab dan setelan busana panjang.

Sementara, gambar yang diunggah akun Facebook Putra Inka memang benar merupakan gambar tangkapan layar artikel berjudul "Sri Mulyani: COVID-19 Mengingatkan Kita untuk Lebih Islami" yang dimuat situs finance.detik.com pada Kamis 20 Agustus 2020. Foto yang dimuat dalam artikel tersebut menggunakan foto Sri Mulyani yang tengah berkunjung ke Aceh pada Januari 2017 silam.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang Ibu Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mendadak berubah jadi kadrun ternyata tidak benar. Foto Sri Mulyani berjilbab merupakan foto yang diambil ketika berkunjung ke Aceh pada Januari 2017 lalu. Foto tersebut tidak ada kaitannya dengan pandemi virus corona Covid-19.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.