Sukses

Cek Fakta: Benarkah Foto Lionel Messi Tanda Tangani Kontrak dengan Klub Kolombia?

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan orang di Facebook dihebohkan dengan foto kapten Timnas Argentina, Lionel Messi yang disebut sudah mendapat klub baru. Disebutkan juga pemain berusia 33 tahun itu resmi meninggalkan klubnya, Barcelona.

Dengan data dari CrowdTangle, fitur insight publik yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan dua akun di Facebook yang mengunggah foto Lionel Messi sedang menandatangani kontrak dari klub asal Kolombia, Atletico Nacional.

Dua akun yang mengunggah foto Lionel Messi dengan klub barunya adalah Muyfrio dan Atlético nacional una sola pasión. Berikut narasi yang diberikan dalam foto Messi resmi bergabung dengan Atletico Nacional.

"Yes! Sudah menjadi kenyataan!! Lionel Messi baru saja menandatangani kontrak 3 tahun dengan Atletico Nacional".

Lalu, benarkah Lionel Messi sudah menandatangani kontrak tersebut? Simak penelusurannya di halaman berikut.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com pun menelusuri kebenaran foto tersebut. Tim memasukkan foto yang menyebut Lionel Messi bergabung dengan Atletico Nacional ke situs pencari, Google Image.

 

Hasilnya, tim tidak menemukan kebenarannya. Namun, tim menemukan foto dengan pose yang sama, tapi bagian kepalanya bukan milik Lionel Messi.

 

Foto tersebut rupanya ada di situs elpais.com dalam artikel "Atlético Nacional contrató a Andrés Andrade, Jefferson Duque y Fabián González". Foto tersebut merupakan sosok penyerang asal Kolombia, Jefferson Duque yang baru bergabung dengan Atletico Nacional pada Desember 2019.

Tim juga menemukan keterangan resmi dari situs Atletico Nacional. Mereka juga membantah telah mendapatkan pemain yang meraih enam gelar Ballon d'Or tersebut.

"Berita palsu. Di media sosial, gambar ini mengonfirmasi kedatangan Lionel Messi ke Atletico Nasional. Ini benar-benar palsu! Jangan tertipu dengan media yang tidak kredibel," begitu pernyataan resmi dari klub.

Belakangan, Lionel Messi memang dikabarkan bakal meninggalkan Barcelona, klub yang dibelanya sejak 2003. Isu itu muncul setelah Messi kesal Barcelona tersingkir dari Liga Champions dengan skor memalukan 2-8, kalah dari Bayern Munchen.

Isu terhangatnya, Messi bakal bergabung dengan Manchester City. Dia punya hubungan yang spesial dengan pelatih City, Pep Guardiola, yang juga pernah melatih Barcelona. Isu ini tertuang dalam artikel di Liputan6.com dengan judul: 'Telepon Guardiola, Lionel Messi Menuju Manchester City?

Namun itu baru sekadar rumor belaka. Pasalnya, Lionel Messi masih terikat kontrak bersama Barcelona hingga 30 Juni 2021.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang menyebut klub Kolombia, Atletico Nacional sudah resmi mengontrak Lionel Messi selama tiga tahun adalah informasi palsu. Sebabnya, foto itu sudah diedit. Atletico Nacional sudah membantah kalau mereka tidak melakukan kontak dengan pemain berusia 33 tahun itu.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.