Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Ini Foto Markas Komunis di Jakarta Pusat

Liputan6.com, Jakarta - Beredar foto yang diklaim sebagai markas komunis di Jakarta Pusat sedang direnovasi.

Foto tersebut diunggah oleh akun Facebook Imam Pitoyo, pada 27 Mei 2020. Foto yang diunggah memperlihatkan simbol palu arit berwarna kuning dengan latar belakang merah berada di langit-langit ruangan yang nampak sedang direnovasi.

Dalam foto tersebut diberikan keterangan sebagai berikut:

"Jangan kalian bilang ini hoax ya. Ini Nyata.Markas Komunis sedang direnovasi.

Menteng, Jakarta Pusat, Mei 2020."

Benarkah Foto tersebut markas komunis di Jakarta Pusat yang sedang direnovasi? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto markas komunis di Jakarta Pusat yang sedang direnovasi, dengan meminta konfirmasi ke Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto. Heru membatah foto tersebut adalah markas komunis di Jakarta Pusat yang sedang direnovasi.

"Itu hoaks, nggak ada itu" kata Heru saat berbincang dengan Liputan6.com.

Terkait dengan keberadaan markas komunis di Jakarta Pusat, Heru menyatakan, kabar tersebut tidak benar. Dia menegaskan, tidak ada markas komunis di wilayah tersebut.

"Nggak ada, itu hoaks" tutupnya.

 Penelusuran kemudian dilanjutkan dengan menggunakan Google Image.

Penelusuran Klaim Foto Markas PKI di Jakarta Pusat yang Sedang Direnovasi

 

 

Dari penelusuran foto menggunakan Google Image, foto yang identik dengan klaim mengarah pada artikel berjudul "Viral soal Markas PKI di Jalan Kramat Raya, Ini Kata Kapolres" yang dimuat situs metro.sindonews.com, pada 3 Mei 2020.

Dalam artikel tersebut Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto juga membantah foto yang sempat viral di media sosial dan grup-grup percakapan. 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim foto markas komunis di Jakarta Pusat yang sedang direnovasi tidak benar, pihak Kepolisan pun telah membantahnya. 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.