Sukses

Cek Fakta: Hoaks Surat Pemanggilan Tes Pegawai Waskita Karya

Liputan6.com, Jakarta - Beredar surat panggilan tes wawancara tahap ke dua sampai tahap akhir yang untuk calon karyawan PT Waskita Karya (Persero), surat yang ditandatangani SDM WAskita Karya, Fery Hendriyanto tersebut terdapat tiga lembar. Lembar pertama tercantum jadwal dan lokasi tes dan dokumen yang dibawa saat tes berlangsung.

Yaitu, kartu peserta ujian, curriculum vitae dan pas foto 3x4, ijazah asli, fotokopi ijazah dan transkrip nilai terakhir, KTP, KK, NPWP, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, serta sertifikat keahlian lain.

Pada lembar kedua, surat tersebut mencantumkan nama 20 peserta dan nomor tes. Selain itu juga terdapat keterangan mengenai akomodasi dan transportasi peserta tes yang ditanggung peserta di awal, kemudian akan diganti PT Waskita Karya setelah tahap seleksi selesai, dengan menunjukan bukti tiket pesawat dan sewa penginapan. Pada lembar tersebut juga tercantum daftar gaji karyawan dengan besaran sesuai penempatan kerja.

Pada lembar ketiga, berisi keterangan terkait ketentuan calon karyawan yang mengikuti tes, di antaranya fasilitas yang didapat peserta tes dari agen travel yang telah ditunujuk panitia tes. Selain itu, juga syarat ketentuan registrasi untuk calon karyawan dengan format WASKITA_ NOMOR PESERTA_HADIR/TIDAK format tersebut dikirim melalui pesan singkat 0823-1742-9995.

Dalam lembar tersebut peserta juga diwajibkan menghubungi agen travel atas nama Wahyu Setiawan SH dengan nomor telepon 085-42-377.

Masih dalam lembar ke tiga, peserta yang sudah melakukan registrasi nomor kartu tes dan reservasi tiket pesawat peserta diarahkan untuk mengirimkan data diri melalui pesan singkat dengan format umtuk peserta luar kota Nama#NomorKTP#Bandara#Bank/ATM pembayaran #email ke 085-3333-41-377, untuk format peserta dalam kota yaitu Nama#NomorKTP#Bank/ATM pembayaran #email ke 085-3333-41-377.

Selanjutnya peserta diarahkan membayar sementara tagihan ke rekening sesuai dengan biaya dan batas waktu yang telah ditentukan.Setelah pembayaran dilakukan peserta diarahkan melakukan konfirmasi ke agen travel supaya nomor tes peserta dan tiket elektronik pesawat akan dikirim ke email peserta untuk dicetak saat di bandara. 

2 dari 3 halaman

Penelusuran Fakta

Berdasarkan penelusuran fakta, surat panggilan tes wawancara tersebut tidak benar, hal ini ungkapkan pihak Waskita Karta melalui akun instagramnya @waskita_karya. Adapun pemberitahuan tersebut sebagai berikut

"Halo Insan dan Mitra Waskita!

Kali ini beredar Iagi berita HOAX yang beredarterkait undangan tahap seleksi rekrutmen Waskita Karya pada tanggal 31 Januari 1 Februari 2020 di atas.

PT Waskita Karya (Persero) Tbk, tidak pernah mengeluarkan undangan dan panggilan tersebut. Setiap Iowongan pekerjaan secara resmi kami umumkan melalui website resmi waskita karya di kolom karir (waskita.co.id/en/pages/humancapital/ careeropportunities).

Kami juga tidak pernah bekerja sama dengan agen tour and travel manapun, serta tidak ada pemungutan biaya, atau gratis.

Selalu waspada dan berhati-hati dalam menerima segala bentuk informasi ya, Insan dan Mitra Waskita".

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Waskita Karya tidak memanggil peserta tes karyawan dengan menerbitkan surat, segala pengumuman menyangkut rekrutmen pegawai dilakukan melalui website resmi waskita karya di kolom karir waskita.co.id/en/pages/humancapital/ careeropportunities.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta: Mendikbud Nadiem Makarim Wajibkan Bayar SPP Pakai Aplikasi Online? Ini Faktanya
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta: Hoaks Foto Luka di Paha karena Azab Menghina Alquran