Sukses

[Cek Fakta] Beredar Video Koin PSI yang Menyandang Logo PKI, Ini Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar marak di media sosial jelang Pemilu 2019. Salah satunya yaitu soal Partai Solidaritas Indonesia atau PSI yang disebut sebagai kebangkitan dari Partai Komunis Indonesia (PKI).

Video soal PSI yang menjadi kebangkitan PKI itu diunggah oleh akun Youtube Chennel TV PAS dengan judul GAWAT Bahaya PSI Telah Ditemukan Uang Coin PSI Berlogo PKI Thn 1945.

Video tersebut diunggah pada 26 Februari 2019.

"GAWAT Bahaya PSI Telah Ditemukan Uang Coin PSI Berlogo PKI Thn 1945

JANGAN LUPA LIKE COMMEN AND SUBCRIBELIHAT SEMUA VIDEO : youtube.com/c/ChennelTVNUMURNI=============================================," tulis Chennel TV PAS menyertai unggahan videonya.

Dalam video tersebut, seorang narator mencoba menjelaskan bagaimana PSI bisa dikaitkan dengan PKI. Narator juga mengatakan, PSI seperti lahir mendadak tiba-tiba lolos verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan sah sebagai peserta Pemilu.

Video tersebut sudah ramai dibanjiri komentar. Ada sekitar 3.129 komentar yang memenuhi kolom komentar unggahan video tersebut.

 

2 dari 3 halaman

Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba mencari tahu kebenaran isi video tersebut. Namun rupanya, apa yang disampaikan dalam video tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Hal itu diketahui dari Wikipedia soal Italian Socialist Party of Proletarian Unity. Koin yang disampaikan dalam video dan disebut sebagai logo PSI, rupanya bukan milik PSI.

[Cek Fakta] Beredar Koin PSI Mirip Logo PKI, Benarkah?

Logo yang terlihat adalah milik Partai Sosialis Persatuan Proletar Italia atau Partito Socialista Italiano di Unità Proletaria (P.S.I.U.P).

Hal itu juga terlihat pada laman www.pinterest.com. Koin yang disebut milik PSI memang bukan sebenarnya.

"SPILLA DISTINTIVO P S I U P PARTITO SOCIALISTA ITALIANO UNIONE PROLETARIA 1945P-S-I-U-P-PARTITO-SOCIALISTA-ITALIANO-UNIONE-PROLETARIA-1945," tulis laman tersebut.

[Cek Fakta] Beredar Koin PSI Mirip Logo PKI, Benarkah?

 Selain itu, laman jual beli ebay juga menjual koin tersebut. Harganya EUR 220.00 atau Rp 3.508.070.

"1389) Dist. Partigiano 25 Aprile 1945 P.S.I. U.P. Partito Socialista Italiano," tulis penjual.

[Cek Fakta] Beredar Koin PSI Mirip Logo PKI, Benarkah?

 

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Video yang diunggah akun Youtube Chennel TV PAS tidak benar adanya. Karena, logo yang disebut milik PSI tidak benar.

Logo pada koin tersebut adalah milik Partai Sosialis Persatuan Proletar Italia atau Partito Socialista Italiano di Unità Proletaria (P.S.I.U.P). Logi itu bukan milik PSI.

 

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Tommy Soeharto Kunjungi Petani Sayur Sukabumi
Loading
Artikel Selanjutnya
Respons Amien Rais, PSI: Sah-Sah Saja IT KPU Diaudit, tapi...
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Hoaks Cara Pulihkan Kerusakan Teknis di Facebook Lite