Sukses

Manahati: Indonesia akan Tebus Kesalahan di Final SEA Games 2011

Masih ada di ingatan kita bagaimana Timnas Indonesia ditaklukkan Malaysia di final SEA Games 2011 di Stadion GBK lewat adu penalti.

Bek tangguh Tim Nasional U-23 Indonesia Manahati Lestusen, yakin timnya bisa menebus kesalahan dua tahun lalu. Baginya, meraih medali emas di SEA Games 2013 Myanmar merupakan harga mati.

Masih tajam di ingatan kita bagaimana sakitnya kekalahan Timnas Indonesia ditaklukkan Malaysia pada partai final SEA Games 2011 lewat adu penalti. Saat itu, kekalahan Garuda Muda terjadi di depan publik sendiri di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Kini, Indonesia akhirnya tuntas membalaskan dendam. Andik Vermansyah dan kawan-kawan berhasil menang adu penalti atas Malaysia dengan skor 4-3. Pertandingan mesti dilanjutkan ke babak tos-tosan setelah kedua tim bermain imbang 1-1 selama 120 menit, Kamis 19 Desember.

Dalam babak adu tendangan penalti, Indonesia berhasil mencetak gol melalui Alfin Tuasalamony, Diego Michels, Yandi Sofyan, dan Ferry Pahabol. Satu-satunya yang gagal hanyalah Manahati.

"Pelatih (Rahmad Darmawan) mengatakan kepada kami bahwa dua tahun lalu semua orang takut mengambil tendangan penalti melawan Malaysia karena mereka tidak ingin dijadikan kambing hitam jika gagal," kata Manahati seperti dilansir thestar, Jumat (20/12/2013).

"Tapi, kali ini kami sangat berambisi untuk lolos ke final, sehingga semuanya mengangkat tangan ketika ditanya siapa yang ingin menendang."

"Rasanya bagus jika kami bisa pergi ke final dan memenangkan medali emas bagi rakyat Indonesia untuk menebus kekecewaan tahun 2011 lalu," ucap Manahati. (Vin)

Baca Juga:
Pelatih Malaysia: Indonesia akan Juara SEA Games
Disikat Indonesia, Suasana Ruang Ganti Malaysia Mencekam
Media Malaysia Puji Penampilan Bek Timnas Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.