Sukses

Prediksi Final Piala FA Manchester City vs Manchester United: Sejarah Baru atau Balas Dendam

Manchester City dan Manchester United kembali berjumpa di final Piala FA musim 2023/2024. City berpeluang mengawinkan gelar, MU mencari gelar pelipur lara.

Liputan6.com, Jakarta- Derby Manchester akan tersaji di final Piala FA edisi ke-143 di Stadion Wembley pada Sabtu 25 Mei 2024 malam WIB. Manchester City akan berhadapan dengan rival sekota Manchester United. Misi berbeda diusung kedua tim di partai puncak.

Manchester City bertekad mengukir sejarah baru lagi. Pasukan Josep Guardiola baru saja menciptakan sejarah sebagai tim pertama yang menjadi juara Premier League empat kali berturut-turut. City memenangi persaingan sengit dengan Arsenal sampai pekan terakhir.

Usai bikin rekor di Premier League, Guardiola menegaskan timnya masih haus akan rekor-rekor lain. Guardiola ingin City menjadi tim pertama yang memenangi Piala FA dan Premier League dua kali beruntun. Guardiola tak peduli Ten Hag dan MU membutuhkan gelar pelipur lara dengan menjuarai Piala FA.

Jika bisa mengawinkan gelar Liga Inggris dan Piala FA tahun ini, City menyamai pencapaian MU dan Arsenal. Saat ini baru MU dan Arsenal yang bisa tiga kali mengawinkan trofi liga dan Piala FA. MU melakukannya di 1993/94, 1995/96 dan 1998/99. Sedangkan Arsenal pada 1970/71, 1997/98 dan 2001/02. City sendiri sudah dua kali meraih Liga Inggris dan Piala FA bersamaan.

“Kami telah menang empat kali berturut-turut. Apa selanjutnya? Piala FA. Tidak ada tim yang memenangkan gelar ganda Piala FA dan Liga Premier berturut-turut," tutur Guardiola seperti dinukil dari Tribal Football.

Sementara itu MU berharap bisa membalas dendam kepada City. Tahun lalu kedua tim juga bertemu di final Piala FA. Saat itu The Citizens yang keluar sebagai juara dengan skor 2-1 guna melengkapi pencapaian treble.

Trofi Piala FA juga sangat dibutuhkan MU. Ini bisa menjadi gelar pelipur lara setelah musim yang memalukan sepanjang 2023/2024. MU finis di urutan delapan Liga Inggris sehingga akan absen dari kompetisi Eropa musim depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Misi Sulit Manchester United di Final Piala FA

Akan sangat sulit bagi MU membalas kekalahan tahun lalu. City sedang dalam performa terbaiknya. Bernardo Silva dan kawan-kawan tidak terkalahkan dalam 35 laga yang merupakan rekor klub. Di tahun 2024, City tak pernah kalah. Mereka terakhir kalah pada 6 Desember 2023.

Dua pertemuan di Premier League musim ini juga disapu oleh City. MU kalah 0-3 di Old Trafford dan 1-3 saat away ke Etihad Stadium. Bila City bisa menang lagi di final Piala FA maka mereka akan menyamai pencapaian musim 1969-1970 saat menyapu bersih MU di tiga pertemuan.

Kondisi MU juga tidak kondusif. Jelang laga final malah berhembus kabar manajer Erik ten Hag tetap akan dipecat meski menjuarai Piala FA. Apapun hasil final takkan berpengaruh karena Sir Jim Ratcliffe sudah memutuskan mengganti manajer.

Para pemain kunci City juga bisa dimainkan semuanya. Hanya kiper Ederson Moraes yang absen. Sedangkan MU dihantam badai cedera. Harry Maguire akan menyusul Luke Shaw dan Tyrell Malacia absen melawan City.

Ten Hag akan berharap pada Marcus Rashford untuk bisa membuat kejutan. Ten Hag ingin Rashford meledak dan membuktikan diri setelah terbuang dari skuad sementara timnas Inggris untuk Euro 2024.

"Ini adalah bagian dari karier. Ada pasang surutnya. Tetapi penurunan juga bisa menjadi bahan bakar. Itu yang saya lihat dalam latihan karena dia terlihat bagus," papar Erik Ten Hag seperti dinukil dari Tribal Football.

3 dari 4 halaman

Prakiraan Susunan Pemain Manchester City vs Manchester United

Manchester City: Ortega; Walker, Akanji, Dias, Gvardiol; Rodri, Kovacic; Bernardo, De Bruyne, Foden; Haaland

Manchester United: Onana; Wan-Bissaka, Casemiro, Martinez, Dalot; Mainoo, Amrabat; Rashford, Fernandes, Garnacho; Hojlund

4 dari 4 halaman

Head to Head Manchester City vs Manchester United

03-03-2024: Man City 3-1 Man United (Premier League)

29-10-2023: Man United 0-3 Man City (Premier League)

03-06-2023: Man City 2-1 Man United (FA Cup)

14-01-2023: Man United 2-1 Man City (Premier League)

02-10-2022: Man City 6-3 Man United (Premier League).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.