Sukses

Live Report Piala Asia U-23 2024 Yordania vs Timnas Indonesia: Mengejar Sejarah Baru

Timnas Indonesia U-23 berpeluang membuat sejarah baru lainnya dengan lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia akan melakoni laga pamungkas Grup A Piala Asia U-23 2024 pada Minggu (21/4/2024) malam WIB. Pasukan Shin Tae-yong berjumpa Yordania di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa.

Garuda Muda diambang membuat sejarah baru lagi. Hasil imbang melawan Yordania sudah cukup menghadirkan tiket ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Ini menjadi sejarah baru karena Indonesia baru kali ini bisa berlaga putaran final Piala Asia U-23.

Timnas Indonesia saat ini sudah mengoleksi tiga poin usai mengalahkan Australia dan keok dari Qatar. Indonesia berada di urutan dua. Yordania dan Australia baru mengoleksi satu angka.

Hasil imbang dengan Yordania sudah mengamankan Indonesia ke perempat final sebagai runner-up Grup A. Pasalnya Piala Asia U-23 2024 memakai head to head jika ada tim yang poinnya sama. Jika bisa meraih satu angka, Australia sudah tidak mungkin mengejar meski mereka mengalahkan Qatar.

Skenario Indonesia lolos sebagai runner-up grup adalah menang atau imbang dengan Yordania. Bila kalah, Indonesia akan didepak Yordania yang sama-sama mengoleksi empat poin tapi unggul rekor head to head.

Timnas Indonesia mewaspadai ancaman dari Yordania meski sang lawan belum pernah menang di Piala Asia U-23 2024.

"Memang ini (Yordania), salah satu tim Timur Tengah yang tidak begitu gampang dikalahkan dan sangat kuat secara postur tubuhnya. Jadi saya tegaskan kepada para pemain bahwa kita tidak boleh lengah untuk melawan mereka," ucap Shin Tae-yong jelang laga pemungkas timnya di grup A.

"Semua persiapannya untuk menang, pastinya (kami) akan mengincar kemenangan," sambung juru taktik yang pernah menukangi Timnas Korea Selatan di gelaran Piala Dunia 2018.

Penyerang Indonesia Ramadhan Sananta masih absen di laga melawan Yordania. Sananta harus menepi dua laga akibat kartu merah langsung. Namun Ivan Jenner dipastikan sudah bisa bermain saat melawan Yordania setelah absen di pertandingan kedua melawan Australia.

Saat ini Indonesia berada di posisi dua klasemen Grup A setelah membuat kejutan dengan mengalahkan Australia 1-0 di laga kedua. Puncak klasemen ditempati Qatar dengan hasil sempurna di dua laga. Yordania berada di posisi tiga dengan poin satu, sama seperti yang diraih Australia.

Pertandingan ini bisa disaksikan di televisi atau lewat live streaming. Dapatkan link live streaming Piala Asia U-23 2024 melalui tautan berikut.

Susunan pemain timnas Indonesia U-23 sudah keluar. Perubahan dilakukan dengan memainkan Ivan Jenner dan Justin Hubner sejak menit awal. Jean Kelly Sroyer dan Komang Teguh yang tersisih. 

Pertandingan antara Yordania melawan Indonesia sudah dimulai di Qatar. Timnas Indonesia memakai seragam tanding berwarna merah-merah.

Timnas Indonesia hampir unggul cepat di menit ketiga. Witan Sulaeman dengan baik mengecoh pemain belakang Yordania yang diteruskan umpan tarik kepada Rafael Struick. Sayangnya tembakan Struick masih bisa ditepis kiper Yordania.

Yordania mendapat peluang emas di menit delapan lewat aksi Arief. Beruntung Ernando Ari cepat keluar sehingga tembakan Arief bisa diblok.

Lewat skema lemparan ke dalam, Indonesia kembali dapat peluang emas di menit 14. Sayangnya sepakan kaki kiri Struick dari luar kotak penalti masih tepat kepelukan kiper.

Timnas Indonesia membuka keunggulan di menit 22 melalui eksekusi penalti Marselino Ferdinan. Hadiah penalti diberikan wasit setelah Amar melanggar Struick yang melakukan penetrasi di kotak penalti.

Witan menggandakan keunggulan Indonesia atas Yordania pada menit 40. Witan melepaskan sepakan kaki kiri melengkung ke tiang jauh meneruskan umpan terobosan Rizky Ridho yang naik membantu serangan.

Peluang emas kembali didapat Indonesia di menit 44. Bola liar sepak pojok disambar Muhammad Ferarri dengan sepakan keras. Tapi bola masih mengarah ke kiper Ahmad Al Juaidi. Babak pertama berakhir 0-2 untuk Indonesia

Babak kedua Indonesia melawan Yordania sudah dimulai lagi. Timnas Indonesia memiliki modal keunggulan 2-0 atas Yordania.

Timnas Indonesia masih mampu mempertahankan keunggulan 2-0 sampai menit 58. Yordania punya peluang di menit 58 lewat Aref. Namun sepakannya bisa diblok Justin Hubner.

Pada menit 65, Yordania hampir memperkecil ketertinggalan saat pemain pengganti Sabra lepas di depan gawang Ernando Ari. Beruntung penyelesaian akhirnya buruk. Bola melebar.

Indonesia memperbesar keunggulan menjadi 3-0 di menit 70. Marselino mencetak brace setelah melakukan kerjasama satu-dua dengan Witan. Marselino mengakhiri dengan sontekan pelan

Yordania memperkecil ketertinggalan di menit 78. Sepakan Waseem Al Riyalat membentur Hubner sehingga bola berbelok dan mengecoh Ernando. Indonesia 3, Qatar 1.

Timnas Indonesia kembali menjauh dari Yordania di menit 85. Pemain pengganti Komang Teguh kembali bikin gol lewat sundulan meneruskan umpan lemparan jarak jauh Pratama Arhan.

Pertandingan Yordania melawan Indonesia berakhir. Timnas U-23 Indonesia berhasil meraih kemenangan 4-1 dan berhak lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.