Sukses

Profil Tim Piala Eropa 2024: Inggris Berambisi Akhiri Puasa Juara

Pada penampilan ke-11 di Euro 2024, timnas Inggris percaya diri dapat menghasilkan hasil terbaik.

Liputan6.com, Jakarta - Euro 2024 akan segera tiba, dan Inggris, yang dijuluki sebagai The Three Lions, akan memulai perjalanan mereka untuk mencari kejayaan di panggung sepak bola Eropa. Dalam penampilan ke-11 mereka di turnamen ini, Inggris akan berhadapan dengan persaingan sengit dari Slovenia, Denmark, dan Serbia di Grup C.

Pertandingan pembukaan mereka dijadwalkan akan menjadi bentrokan seru dengan Serbia pada hari Minggu (16/6/2024) mendatang di AufSchalke Arena. Ini akan menjadi momen yang sangat dinanti-nantikan oleh para penggemar Inggris yang berharap untuk melihat tim kesayangan mereka memulai perjalanan mereka menuju kejayaan.

Meski timnas Inggris telah menorehkan sejarah dengan meraih gelar Piala Dunia sekali pada tahun 1966, keberhasilan mereka di panggung Piala Eropa belum sepenuhnya memuaskan. Dengan menjadi tuan rumah pada edisi 1996, Inggris hanya mampu mencapai fase semifinal sebagai pencapaian tertinggi mereka dalam turnamen ini.

Namun, dengan skuat yang penuh talenta dan dipimpin oleh manajer yang berpengalaman, Inggris siap untuk mengubah catatan tersebut di Piala Eropa 2024. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemain Kunci Inggris: Harry Kane

Harry Edward Kane atau Harry Kane adalah seorang pemain sepak bola profesional Inggris yang bermain sebagai penyerang untuk klub Bundesliga, Bayern Munchen dan kapten tim nasional Inggris. Seorang pencetak gol yang subur dengan gaya permainan penghubung serangan yang kuat, Kane dianggap sebagai salah satu penyerang terbaik di dunia.

Ia merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Tottenham Hotspur dan timnas Inggris, serta peringkat kedua pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liga Utama Inggris. Kane telah mencetak lebih dari 350 gol sepanjang karier profesionalnya bagi klub dan negara. 

Pada Januari 2010, Kane dipanggil untuk bermain dengan tim Inggris U-17 di turnamen Algarve di Portugal. Kane masuk skuad Inggris U21 pada UEFA European Under-21 Championship 2015 di Republik Ceko, meski ditentang oleh manajer klub Mauricio Pochettino.

Setelah penampilan yang bagus bersama Tottenham dan menjadi top skorer ketiga di Premier League dibelakang Diego Costa dan Sergio Agüero dengan 16 goals pada 19 Maret 2015, Kane dimasukkan oleh manajer Roy Hodgson di skuat Inggris melawan Lithuania di Kualifikasi UEFA Euro 2016 dan Italia di persahabatan. Pada 10 Juni 2017, Kane mengapteni Inggris untuk pertama kali dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Skotlandia di Hampden Park, mencetak gol penyama dalam skor 2–2.

 

3 dari 3 halaman

Pelatih: Gareth Southgate

Gareth Southgate merupakan mantan pemain sepak bola berkebangsaan Inggris yang saat ini melatih untuk tim Inggris sejak 2016. Klub sebelumnya yang pernah ia bela adalah Crystal Palace F.C., Aston Villa F.C., dan Middlesbrough F.C.. Di timnas Inggris, dia bermain 57 kali dan mencetak 2 gol. 

Southgate pernah menjadi pelatih Middlesbrough pada Juni 2006 hingga Oktober 2009. Dia juga pernah melatih Inggris U-21 pada 2013 hingga 2016, sebelum akhirnya menjadi pelatih tim nasional Inggris pada tahun 2016, menggantikan Sam Allardyce.

Pada turnamen pertamanya sebagai pelatih Inggris di Piala Dunia FIFA 2018, Southgate menjadi pelatih ketiga (setelah Alf Ramsey dan Bobby Robson) yang mencapai babak semi-final, hal ini membuatnya mendapatkan penghargaan BBC untuk pelatih. Pada Euro 2020, dia menjadi pelatih pertama Inggris yang membawa hingga babak final Euro Cup dan semua turnamen besar sejak 1966; Inggris harus menerima kekalahan dari Italia melalui adu penalti.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.