Sukses

Cyrus Margono Tak Dipanggil ke Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong Beri Alasan Jujur

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong baru-baru ini mengungkap alasan jujur dirinya tak memanggil Cyrus Margono ke skuad Piala Asia U-23 meski sang penjaga gawang sudah menyandang status WNI dan memenuhi syarat dari segi usia.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong telah memanggil 28 nama untuk dipersiapkan memperkuat Garuda Muda jelang ajang Piala Asia U-23 2024.

Pasukan Merah Putih, tak termasuk pemain abroad, telah berkumpul di Jakarta pada Minggu (31/3/2024) dan langsung mengambil penerbangan menuju lokasi pemusatan latihan (TC) di Dubai, Senin (1/4/2024) sore WIB.

Hanya saja, daftar skuad pilihan Shin Tae-yong belakangan menuai tanda tanya. Hal itu lantaran nama Cyrus Margono tak ikut dipanggil untuk menjadi bagian dari Timnas Indnesia U-23 di AFC Asian Cup U-23.

Padahal, penjaga gawang kelahiran 2001 itu sudah menyandang status sebagai WNI usai mengambil sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada Kamis (21/3/2024). Dia juga masih memenuhi persyaratan umur lantaran baru menginjak usia 22 tahun.

Shin Tae-yong yang turut mendapat pertanyaan dari awak media akhirnya memberi jawaban jujur soal alasan sebenarnya Cyrus Margono tak dipanggil memperkuat Garuda Muda. Pelatih berusia 53 tahun mengaku dirinya belum pernah melihat penampilan sang kiper.

"Untuk Cyrus, jujur (saya) belum lihat secara langsung (penampilannya). Jadi saya tidak bisa bicara apa-apa," ucap Shin Tae-yong saat memberi keterangankepada media jelang keberangkatan timnya menuju Dubai di kawasan Jakarta Pusat, Senin (1/4/2024) sore WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Semua WNI Bisa Tembus Timnas Indonesia

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga berbicara lugas soal kriteria pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia. Menurutnya, tak semua penggawa bisa langsung tembus ke tim nasional, meski mengantongi status Warga Negara Indonesia (WNI)

Hal itu lantaran pesepak bola pada dasarnya memang perlu bekerja keras membuktikan penampilan di lapangan. Dengan demikian, dia bisa menarik perhatian pelatih untuk memberi kesempatan tampil di tim nasional.

"Tidak semua pemain yang menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) bisa masuk ke skuad Timnas Indonesia," ucap Shi n Tae-yong kepada awak media.

3 dari 3 halaman

Bukan Jebolan Naturalisasi

Sekadar informasi, Cyrus Margono bukanlah pemain jebolan program naturalisasi. Dia juga tak masuk dalam daftar penggawa keturunan rekomendasi Shin Tae-yong untuk digaet ke Timnas Indonesia.

Kiper kelahiran New York itu sejatinya merupakan penggawa dengan kewarganegaraan ganda. Alhasil dia juga perlu melalui proses via Sekretariat Negara dan Kemenkumham untuk bisa mendapatkan status sebagai WNI.

Adapun Cyrus saat ini tengah memperkuat klub Yunani Panathinaikos B yang berkompetisi di kasta kedua Super League. Situs Transfermarkt mencatat sang pemain sudah tampil dalam 8 pertandingan liga bersama timnya dengan catatan 12 kebobolan dan 1 clean sheet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.