Sukses

Mimpi Buruk Tetap Hantui Donny van de Beek usai Ditendang Manchester United

Donny van de Beek berusaha memulihkan karier dengan meninggalkan Manchester United pada bursa transfer musim panas 2024. Dia dipinjamkan ke klub Bundesliga Eintracht Frankfurt.

Liputan6.com, Jakarta - Donny van de Beek berusaha memulihkan karier dengan meninggalkan Manchester United pada bursa transfer musim panas 2024. Dia dipinjamkan ke klub Bundesliga Eintracht Frankfurt.

Namun, sejauh ini kinerjanya mengecewakan. Setelah menjadi starter pada dua laga awal (vs RB Leipzig dan Darmstadt 98) setelah bergabung pada 1 Januari, Van de Beek ditarik keluar di pertandingan ketiga (vs Mainz 05).

Gelandang berkebangsaan Belanda itu kemudian sama sekali tidak dilibatkan pada duel keempat (vs FC Koln) akhir pekan lalu. Status Donny van de Beek kini makin suram setelah tidak masuk skuad klub untuk babak gugur UEFA Conference League.

Nasib berbeda dirasakan rekrutan anyar Eintracht Frankfurt lainnya pada bursa transfer Januari 2024. Sasa Kalajdzic, Hugo Ekitike, dan Philipp Max bakal diandalkan di fase knock-out ajang kelas tiga Eropa tersebut.

Dengan kondisi ini, kecil kemungkinan Eintracht Frankfurt mengaktifkan klausul transfer permanen dalam peminjaman Van de Beek dari MU senilai 11 juta euro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ekspektasi Donny van de Beek usai Tinggalkan Manchester United

Setelah masuk nominasi Ballon d'Or 2019 usai membawa Ajax Amsterdam menembus semifinal Liga Champions, kiprah Van de Beek berubah sejak berlabuh di Old Trafford setahun berselang.

Kegagalan tampil meyakinkan saat mendapat kepercayaan plus badai cedera yang menghantam membuatnya hanya bermain 62 kali dalam tiga setengah musim bersama Manchester United. Dalam kurun itu dia cuma menyumbang dua gol.

Padahal Van de Beek memilki ekspektasi tinggi ketika menerima pinangan Eintracht Frankfurt. Dengan tampil reguler, sosok berusia 26 tahun ini berharap bisa memulihkan performanya.

"Sulit karena saya tidak bermain sesuai keinginan. Tapi itu masa lalu. Sekarang saya di sini dan bersikap positif," ungkapnya saat diperkenalkan sebagai pemain Eintracht Frankfurt.

3 dari 3 halaman

Penjelasan Manajer Manchester United

Manajer MU Erik ten hag, yang sempat menangani Van de Beek di Ajax, menyebut cedera sebagai alasan di balik penurunan performa sang pemain.

"Dia mengalami banyak cedera dan itu yang pertama. Saya sekarang telah bekerja dengannya selama dua tahun dan sebelumnya dia juga bekerja di bawah manajer yang berbeda di sini," kata Ten Hag.

“Van de Beek juga mendapat pinjaman ke klub lain. Sejak saya datang ke sini di MU, dia bukanlah pemain yang saya miliki di Ajax karena dia cedera dan sering kali dia tidak bisa bermain. Kemudian dia berjuang dalam waktu yang lama untuk pulih dari cederanya. Jadi saya pikir itu mungkin alasan utama mengapa dia tidak bermain," tutur Ten Hag.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Donny van de Beek adalah pemain sepak bola Profesional asal Belanda yang saat ini dipinjamkan ke Everton dari Manchester United
    Donny van de Beek adalah pemain sepak bola Profesional asal Belanda yang saat ini dipinjamkan ke Everton dari Manchester United

    Donny van de Beek

  • Manchester United atau MU akan melakukan transfer manager baru dan pemain, untuk memperkuat skuad-nya.

    Berita MU

  • Berita Bola