Sukses

Xavi Hernandez Cabut, Barcelona Lirik Sosok Mengejutkan Jadi Suksesor

Barcelona mulai menunjukkan sinyal pergerakan guna mencari manajer baru jelang akhir musim. Tim raksasa Catalan kabarnya sudah melirik kandidat tak terduga untuk dijadikan suksesor Xavi Hernandez, yakni bos Liverpool Jurgen Klopp.

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona mulai menunjukkan sinyal pergerakan guna mencari manajer baru jelang akhir musim. Tim raksasa Catalan kabarnya sudah melirik kandidat tak terduga untuk dijadikan suksesor Xavi Hernandez di Spanyol.

Seperti diketahui, juru taktik Blaugrana memang belum lama ini mengutarakan niatan mundur dari kursi panas tim raksasa Catalan. Pilihan tersebut diambil menyusul kekalahan 3-5 yang diderita Barcelona dari Villarreal di kandang sendiri Minggu (28/1/2024) lalu.

Padahal Xavi sejatinya baru ditunjuk menjadi juru taktik Barca pada November 2021. Dia sempat mengantar Barcelona tampil apik di LaLiga hingga keluar sebagai kampiun musim 2022/2023 dengan selisih 10 poin dari rival sengitnya Real Madrid.

Sayang, performa Blaugrana mulai menurun memasuki kampanye 2023/2024. Barcelona sudah kehilangan peluang menyabet dua trofi usai kalah dalam final Piala Super Spanyol dan tersingkir dari Copa del Rey.

Skuad racikan Xavi Hernandez juga masih berupaya menembus puncak klasemen Liga Spanyol. Mereka saat ini tengah menempati peringkat tiga tabel serta terpaut delapan poin dari Real Madrid yang jadi penguasa sementara.

Rentetan hasil kurang memuaskan tersebut tak ayal membuat Xavi memilih meletakkan jabatannya di Barcelona. Mantan gelandang legendaris klub pun terang-terangan mengakui bahwa pekerjaannya saat ini merupakan sesuatu yang keras dan tidak menyenangkan.

"Menjadi pelatih Barca rasanya tidak menyenangkan, (pekerjaan) itu kejam. Anda akan merasa bahwa mereka sering kali kurang menghormati Anda, bahwa pekerjaan Anda tidak dihargai, dan (situasi) itu amat menguras kesehtn mental serta mood," ucap dia, dilansir dari SportBible.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jurgen Klopp Dilirik untuk Gantikan Xavi

Buntut dari keputusan Xavi Hernandez, Presiden Barcelona Joan Laporta bersama dewan direksinya kini mulai bekerja keras menemukan sosok baru guna menggantikan posisi pelatih terdahulu.

Nama mengejutkan pun muncul ke permukaan, dengan Blaugrana digadang-gadang tengah melirik bos Liverpool Jurgen Klopp sebagai calon suksesor.

Seperti diketahui, posisi juru taktik Jerman saat ini memang tak jauh berbeda dengan Xavi. Dia bahkan sudah lebih dulu mengumumkan keinginan untuk mengakhiri masa bakti 9 tahun di Liverpool pada akhir musim.

Laporan TV3 via Actualite Barca mengeklaim Laporta sudah menyatakan kepada orang-orang kepercayaan di klub bahwa mereka harus mencoba meyakinkan Jurgen Klopp agar sudi pindah ke tim raksasa Catalan.

3 dari 4 halaman

Barca Bakal Sulit Yakinkan Jurgen Klopp

Sayangnya, Barcelona kemungkinan bakal butuh upaya besar demi merayu Klopp ke LaLiga. Tawaran tersebut jelas akan menjadi tantangan besar buat sang pelatih, mengingat dia belum pernah mengecap persaingan di panggung Spanyol.

Lebih lanjut, SportBible mengeklaim Jurgen Klopp juga punya faktor penat dan kelelahan di balik alasannya mundur dari Liverpool. Pria berusia 56 tahun tersebut pun bakal mengambil cuti panjang untuk sementara guna menikmati waktu istirahat yang layak.

Sebagai alternatif, Barcelona masih bisa mendekati nama-nama lain guna didapuk sebagai suksesor Xavi di Spanyol. Beberapa kandidat yang konon dipertimbangkan Blaugrana meliputi Hansi Flick, Michel (Girona), Imanol Alguacil (Real Sociedad), Thiago Motta (Bologna), dan Rafael Marquez (Barca B).

4 dari 4 halaman

Posisi Barcelona di LaLiga Spanyol 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.