Sukses

MotoGP Argentina Resmi Batal, Musim 2024 Tetap 22 Seri?

Federasi Olahraga Motor Internasional (FIM), Asosiasi Tim Balap Motor Internasional (IRTA), dan penyelenggara MotoGP Dorna Sports mengumumkan pembatalan seri Argentina, Rabu (31/1/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Federasi Olahraga Motor Internasional (FIM), Asosiasi Tim Balap Motor Internasional (IRTA), dan penyelenggara MotoGP Dorna Sports mengumumkan pembatalan seri Argentina, Rabu (31/1/2024).

“Karena keadaan saat ini di Argentina, promotor acara tidak dapat menjamin layanan yang diperlukan untuk balapan yang berlangsung pada tahun 2024 sesuai standar MotoGP,” tulis pengumuman resmi.

“MotoGP berharap dapat kembali menggelar balapan di Termas de Rio Hondo pada tahun 2025.”

Tidak ada informasi detail terkait alasan dibatalkannya MotoGP Argentina musim ini, yang sebelumnya dijadwalkan pada 5-7 April.

Namun, rumor terkait pembatalan ini sudah mencuat sejak beberapa waktu terakhir, menyusul dibatalkannya pula final World Superbike (WSBK) 2023 di San Juan Villicium. Ajang tersebut urung digelar karena tingginya tingkat inflasi di Amerika Selatan yang mencapai lebih dari 200 persen pada tahun lalu.

Inflasi itu mendorong Argentina sebagai salah satu negara besar di Amerika Selatan untuk melakukan kebijakan penghematan yang cukup ketat, termasuk mempertimbangkan penyelenggaraan MotoGP yang menelan biaya besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jejak MotoGP di Argentina

Argentina sempat absen selama 15 tahun menggelar balapan motor paling bergengsi di dunia. Negeri Tango baru mendapat kesempatan menghelat MotoGP mulai 2014 setelah pembangunan sirkuit baru Termas de Rio Hondo.

Sejak saat itu, Argentina rutin menggelar MotoGP setiap tahunnya. Hanya pada 2020 dan 2021, MotoGP absen di Argentina. Tetapi hal itu terjadi karena situasi darurat Covid-19.

3 dari 3 halaman

Ada Pengganti MotoGP Argentina?

Pembatalan ini membuat Dorna terpukul. Pasalnya, ajang di Termas de Río Hondo merupakan salah satu seri yang menarik penonton. 

Tahun lalu MotoGP Argentina ditonton 186.038 orang, tertinggi keempat setelah balapan Prancis, Jerman, dan Valencia.

Kini patut ditunggu apakah Dorna memasukkan seri pengganti. Sebelumnya Sirkuit Batalon Park yang baru dibangun di Hungaria disiapkan sebagai cadangan jika ada balapan yang dibatalkan. Namun, sirkuit itu belum melalui proses homologasi.

MotoGP 2024 rencananya berlangsung 22 seri. Kazakhstan rencananya akan debut pada 14-16 Juni.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini