Sukses

Kalah dari Jepang di Piala Asia 2023, Menpora Masih Berharap Timnas Indonesia Lolos 16 Besar

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo berharap Timnas Indonesia tetap lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 meski kalah 1-3 dari Jepang dalam matchday pemungkas grup D di Stadion Al Thumama pada Rabu (24/1/2024) malam WIB.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo berharap Timnas Indonesia tetap lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 meski kalah 1-3 dari Jepang dalam matchday pemungkas grup D di Stadion Al Thumama pada Rabu (24/1/2024) malam WIB.

Seperti diketahui, skuad Garuda memang punya peluang makin tipis untuk tembus ke fase knock-out usai gagal membendung perlawanan Samurai Biru di laga terakhir. Timnas Indonesia dipastikan kehilangan peluang menyabet predikat runner-up grup dan harus menanti keajaiban dari negara lain demi mengamankan tiket babak selanjutnya.

Sejauh ini, ada dua skenario yang bisa diharapkan anak-anak asuh Shin Tae-yong jika ingin tembus ke 16 besar Piala Asia 2023. Pasukan Merah Putih harus berharap Bahrain kalah minimal 0-2 dari Yordania di grup E atau Oman bermain imbang dengan Kirgistan dalam duel ketiga grup F.

Tanpa kedua hasil tersebut, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan bakal dipaksa angkat koper lebih dulu dari kompetisi. Hal itu juga menandai gagalnya juru taktik asal Korea Selatan mewujudkan target membawa skuad racikannya melangkah menuju fase knock out.

Terlepas dari tipisnya peluang Timnas Indonesia, Menpora Dito Ariotedjo tetap menaruh harapan besar pada anak-anak asuh Shin Tae-yong. Ia optimistis skuad Garuda bisa lolos ke 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik.

"Ya Alhamdulillah kemarin kita lihat timnas kita (kalah) 1-3 skornya. Memang Jepang (kualitasnya) jauh di atas indoneesia, dari segi teknik kemarin mereka sangat bagus," ucap Menpora saat ditemui awak media di Jakarta Utara, Kamis (25/1/2024) siang WIB.

"Saya rasa harus diakui, kita apresiasi permainan timnas kita sudah jauh berkembang ke arah yang lebih baik. Sekarang tinggal sisa lihat perhitungan dari grup lain. Semoga masih ada potensi buat lolos, semoga," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PSSI Juga Masih Berharap

Selaras dengan hal itu, Wakil Ketua Umum PSSI ainudin Amali juga masih menaruh harapan pada Timnas Indonesia. Meski harus bergantung pada hasil klub lain, Mantan Menpora RI menilai masih ada peluang skuad Garuda tembus ke fase knock-out Piala Asia 2023.

"Kita sudah lihat bagaimana perjuangan timnas, anak-anak kita saya kira melawan negara yang dengan peringkat jauh di atas kita, bisa main dengan meladeni permainan Jepang," ucap Amali selepas laga Jepang vs Indonesia pada Rabu (24/1/2024) malam.

Tentu PSSI berharap kita bisa lanjut lagi, walaupun nasib kita ditentukan oleh negara lain. Namanya juga harapan, mudah-mudahan itu akan terwujud," sambung dia kepada awak media.

3 dari 3 halaman

STY Istirahatkan Timnas Indonesia

Adapun Shin Tae-yong kini memilih mengistirahatkan sementara skuad Timnas Indonesia usai menelan kekalahan dari Jepang. Mereka bakal lebih dulu memantau hasil pertandingan grup-grup lain, sembari menanti keajaiban lolos ke fase 16 besar.

"Timnas Indonesia masih punya kemungkinan untuk melaju ke babak 16 besar, artinya semua (pemain) harus tetap berlatih. Akan tetapi, kami akan istirahat dulu (setelah kalah dari Jepang)," ucap Shin Tae-yong.

"Kami akan menyaksikan hasil pertandingan di grup lain, dan kita akan tahu apakah (Timnas Indonesia) lolos ke babak 16 besar atau tidak. Selepas laga, biasanya kami memang melakukan sesi recovery," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.