Sukses

Dipermalukan Irak di Laga Perdana Piala Asia, Ketum PSSI Erick Thohir Sebut Timnas Indonesia Perlu Berbenah

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menilai Timnas Indonesia perlu berbenah usai dihajar 1-3 oleh Irak dalam laga perdana grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Qatar, pada Senin (15/1/2024) malam WIB.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PSSI Erick Thohir menilai Timnas Indonesia perlu berbenah usai dihajar 1-3 oleh Irak dalam laga perdana grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Qatar, pada Senin (15/1/2024) malam WIB.

Meski perjuangan anak-anak asuh Shin Tae-yong patut diapresiasi, mantan pemilik klub raksasa Serie A itu menganggap skuad Garuda masih punya PR untuk diselesaikan di lini pertahanan.

Sekadar informasi, Irak memang memulai laga dengan permainan menekan. Singa Mesopotamia bahkan sanggup membuka keunggulan lewat gol Mohanad Ali pada menit 17.

Anak-anak asuh Shin Tae-yong sempat memanaskan persaingan setelah Marselino Ferdinan mencetak gol penyeimbang 20 menit berselang.

Akan tetapi, aksi Osama Rashid di masa injury time berhasil mengembalikan kepemimpinan Irak, sebelum Aymen Hussein memastikan kemenangan Singa Mesopotamia lewat gol ketiga pada menit 75.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia mau tak mau terjerembap di dasar klasemen sementara grup D dengan torehan 0 poin. Sementara itu, Irak bertengger di urutan kedua usai mengoleksi 3 angka, tetapi kalah produktivitas gol dibanding Jepang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Ketua Umum PSSI

Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang turut menyaksikan laga Timnas Indonesia vs Irak dalam acara nobar pun mengapresiasi kerja keras Marselino Ferdinan dan kawan-kawan di duel perdana Piala Asia 2023.

Hanya saja, Erick Thohir menilai Skuad Garuda harus segera memperbaiki diri jika ingin memetik hasil positif saat melakoni dua partai matchday terakhir melawan Vietnam dan Jepang di grup D AFC Asian Cup edisi ini.

"Ini menunjukkan kita perlu berbenah, terutama pada lini pertahanan," ucap Erick Thohir usai menyaksikan kekalahan Timnas Indonesia dari Irak di Piala Asia.

"Patut kita apresiasi, timnas kita main dengan baik pada babak pertama. Namun ada banyak yang perlu kita benahi sebelum dua pertandingan ke depan," tambah Ketua Umum PSSI, seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

3 dari 4 halaman

Kontroversi Gol Kedua Irak

Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong juga telah buka suara menanggapi kekalahan anak-anak asuhnya dalam laga pembuka Piala Asia kontra Irak.

Juru taktik asal Korea Selatan tak menampik Singa Mesopotamia memang punya kualitas yang relatif lebih baik ketimbang skuad Garuda. Akan tetapi, STY menilai Timnas Indonesia bisa saja menciptakan situasi berbeda andai gol kedua Irak yang menjadi kontroversi dianulir oleh wasit.

"Kelihatannya saya memang seperti terus-menerus membuat alasan. Anda tahu bahwa Irak jelas mendominasi pertandingan, mereka lebih baik dari kami (Timnas Indonesia), dan itu adalah kenyataannya," ucap STY dalam konferensi pers selepas laga pada Senin (15/1/2024).

"Akan tetapi, jika tidak ada gol kedua yang disalahartikan (keputusannya diambil secara salah) oleh wasit, situasinya bisa jadi berbeda," sambung dia.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Berikut sisa jadwal Timnas Indonesia di fase penyisihan grup D Piala Asia 2023.

Jumat, 19 Januari 2024

21.3 WIB - Vietnam vs Indonesia (Stadion Abdullah Bin Khalifa)

Rabu, 24 Januari 2024

18:30 WIB - Jepang vs Indonesia (Stadion Al Thumama)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.