Sukses

Dianggap Lebih Hebat dari Maradona, Argentina Akan Pensiunkan Nomor 10 untuk Lionel Messi

Setelah Lionel Messi pensiun, tidak ada yang boleh memakai nomor 10 di timnas Argentina.

Liputan6.com, Jakarta- Presiden Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) Claudio Tapia membuat pernyataan mengejutkan di penghujung tahun 2023. Timnas Argentina berniat memensiunkan jersey nomor 10 setelah Lionel Messi pensiun membela Albiceleste.

“Ketika Messi pensiun dari tim nasional, kami tidak akan mengizinkan orang lain memakai nomor 10 setelahnya. Nomor 10 ini akan dipensiunkan seumur hidup untuk menghormatinya. Setidaknya itu yang bisa kami lakukan untuknya," kata Tapia seperti dikutip dari Sportsmole.

Pernyataan Tapia ini seolah menegaskan bila AFA menganggap Messi lebih hebat dari almarhum Diego Armando Maradona. Keduanya sama-sama jadi pahlawan Argentina dengan mempersembahkan Piala Dunia untuk negara Amerika Selatan itu.

Maradona membawa Argentina juara Piala Dunia 1986. Sedangkan Messi baru saja membantu Argentina meraih gelar ketiganya di Qatar tahun 2022 lalu. Namun saat Maradona membawa Argentina juara, AFA tak mempertimbangkan memensiunkan nomor 10.

Messi sendiri menjadi bintang utama Argentina saat juara Piala Dunia 2022. Pemain Inter Miami itu membuat tujuh gol dan tigas assists saat Argentina juara dengan mengalahkan Prancis di final lewat drama adu penalti.

Gelar Piala Dunia 2022 melengkapi prestasi Messi bersama Argentina. Sebelumnya dia sukses membawa Argentina juara Piala Dunia U-20, Copa Amerika dan medali emas Olimpiade cabang olahraga sepak bola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Statistik Dahsyat Messi di Timnas Argentina

Statistik individu Messi di timnas Argentina juga melebihi Maradona. Messi kini memegang rekor penampilan terbanyak dan pemain tersubur sepanjang masa timnas Argentina dengan 106 gol dari 180 pertandingan.

Messi saat ini sudah berusia 36 tahun. Eks pemain Barcelona itu sudah mengindikasikan akan pensiun dari dunia sepak bola tidak lama lagi. Messi bahkan tak yakin masih akan bermain saat Piala Dunia 2026 digelar di Amerika Serikat.

3 dari 3 halaman

Messi Indikasikan Segera Pensiun

“Hari ini yang saya pikirkan hanyalah mencapai Copa America dan bisa bermain di dalamnya dan mudah-mudahan bisa bertarung lagi dan mencoba menjadi juara dan kemudian waktu akan membuktikan apakah saya bisa lolos atau tidak," kata Messi beberapa waktu lalu saat di wawancarai jurnalis, Sebastian Vignolo.

“Kenyataannya adalah saya akan berada pada usia yang biasanya tidak memungkinkan seseorang untuk bermain di Piala Dunia dan itulah mengapa saya mengatakan saya tidak berpikir saya akan berada di sana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini