Sukses

Arsenal Kalah dari West Ham, Mikel Arteta Kritik VAR

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, mengungkapkan ketidakpuasannya terhadap keputusan VAR setelah kontroversi terkait gol West Ham dalam pertandingan Jumat pagi.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Arsenal, Mikel Arteta menganggap teknologi VAR masih perlu banyak perbaikan. Kritik ini disampaikannya setelah The Gunners kalah 0-2 dari West Ham pada Liga Inggris, Jumat (29/12/2023). 

Dalam duel yang berlangsung di Emirates Stadium ini, Arsenal sudah kebobolan pada menit ke-13 lewat gol Tomas Soucek usai menerima umpan dari Jarrod Bowen. Gol ini sempat memicu perdebatan karena dalam tayangan ulang terlihat bola yang disodorkan Bowen sudah lebih dulu meninggalkan lapangan.  

Pemeriksaan VAR sempat dilakukan cukup lama. Namun tidak cukup bukti untuk membatalkan keputusan yang diambil wasit Michael Oliver di lapangan, sehingga meninggalkan Arsenal harus tertinggal 0-1.

“Saya tidak tahu, saya belum melihatnya. Apakah teknologinya cukup baik untuk memahami apa itu dan mungkin itulah pertanyaannya, tapi saya belum melihatnya," tuturnya dikutip Mirror.

Keunggulan West Ham semakin membesar setelah mantan bek The Gunners, Konstantinos Mavropanos, berhasil mencetak gol kedua dengan sundulan pada menit 55. West Ham juga berpeluang memperlebar skor di menit akhir, tapi sayang Said Benrahma malah gagal mengkonversi penalti menjadi gol .

“Kita semua menginginkan teknologi terbaik sehingga keputusan yang diambil jelas dan saat ini teknologi yang kita miliki tidak dapat menyimpulkan, jadi ini adalah sesuatu yang dapat kita tingkatkan," ungkapnya.

Arsenal tidak dapat memiliki kesempatan untuk beristirahat lebih lama saat mereka melawan Fulham di Craven Cottage pada malam Minggu (31/12/2023) WIB.   

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gagal Puncaki Klasemen

Arsenal kini memasuki putaran terakhir tahun 2023 dengan selisih dua poin di belakang Liverpool, yang menduduki puncak klasemen Liga Inggris.

Arteta mengakui bahwa timnya memiliki tekad besar untuk segera merebut kembali posisi teratas, sebagai upaya untuk mengatasi rasa kekecewaan setelah mengalami kekalahan melawan West Ham.   

"Kami ingin menjadi lebih baik, kami ingin menjadi yang teratas di liga dan hari ini jelas kami kecewa karena kami memiliki usaha dan jumlah dominasi yang kami miliki dalam permainan, tapi ini hanya terjadi di sepak bola," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Sebut Timnya Seharusnya Menang

Arteta menegaskan bahwa timnya seharusnya meraih hasil positif dari pertandingan tersebut, namun ia mengakui bahwa West Ham berhasil memanfaatkan peluang mereka dan mampu menjaga pertahanan mereka di area kotak penalti dengan lebih baik.   

"Mereka melakukan dua tembakan, mencetak dua gol. Kami melepaskan 30 tembakan dan tidak mencetak satu gol pun dan kami memiliki peluang besar. Saya tidak punya apa-apa untuk para pemain karena Anda harus memuji para pemain karena mereka telah mencoba segalanya," jelasnya

4 dari 4 halaman

Klasemen Liga Inggris Sementara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.