Sukses

Alejandro Garnacho Terancam Sanksi FA Gara-gara Postingan Sensitif pada Kiper Manchester United

FA yang mengetahui postingan Garnacho dan telah meminta penyelidikan terhadap penyerang Argentina tersebut dan kiper Manchester United Andre Onana juga langsung membalasnya di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Andre Onana menanggapi postingan Alejandro Garnacho di media sosial yang ditujukan kepadanya menyusul kemenangan 1-0 Manchester United atas Copenhagen di Liga Champions.

Onana menjadi pahlawan bagi Manchester United dalam laga di Old Trafford pada Selasa malam waktu setempat (24/10/2023). Dia menyelamatkan tendangan penalti Jordan Larsson di akhir pertandingan sekaligus mengamankan kemenangan bagi tim Erik ten Hag.

Dalam postingan yang dipublikasikan di X (Twitter) usai pertandingan, yang kini telah dihapus, Garnacho memposting foto Onana yang sedang merayakannya. Dia memberi caption pada postingan tersebut dengan dua emoji gorila.

Menurut The Athletic, FA yang mengetahui postingan Garnacho dan telah meminta penyelidikan terhadap penyerang Argentina tersebut. Di sisi lain, Onana juga langsung membalas postingan tersebut.

"Orang tidak bisa memilih apa yang membuat saya tersinggung. Saya tahu persis apa yang dimaksud Garnacho: kekuasaan dan kekuatan. Masalah ini tidak boleh dilanjutkan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kasus Mantan Striker United Edinson Cavani

Pada tahun 2021, mantan striker United Edinson Cavani mendapat sanksi karena menggunakan istilah yang menyinggung rasial dalam cerita Instagram.

Cavani meminta maaf karena menggunakan istilah tersebut dalam postingan tersebut, dengan menyatakan bahwa 'itu dimaksudkan sebagai sapaan penuh kasih sayang kepada seorang teman, berterima kasih atas ucapan selamatnya setelah pertandingan'.

3 dari 4 halaman

FA Jatuhkan Sanski Tiga Laga untuk Cavani

Komisi FA menyimpulkan bahwa istilah tersebut digunakan 'sebagai apresiasi atas pesan dari temannya yang berasal dari Uruguay. Pesan tersebut tidak dirancang atau dimaksudkan untuk bersifat rasis atau menyinggung baik kepada temannya atau orang lain yang membaca konten postingan Instagram'.

Namun, mereka juga menyimpulkan bahwa 'tidak cukup jika sang pemain tidak mempunyai niat seperti itu', dan bahwa 'pengikut sepak bola Liga Utama Inggris' akan menganggap istilah tersebut menyinggung rasial.

Alhasil, FA menjatuhkan larangan tampil sebanyak tiga pertandingan kepada Cavani.

4 dari 4 halaman

Penyelamatan Krusial Onana

Sebelumnya, Onana menyelamatkan 3 poin saat MU menang 1-0 atas FC Copenhagen pada matchday 3 penyisihan grup A Liga Champions. Gol MU dicetak oleh Harry Maguire di menit ke-72.

Namun penyelamatan kiper Man Utd Andre Onana di menit ke-97 lah yang paling krusial. Andre Onana mampu menepis tendangan penalti Jordan Larsson yang mengarah ke kiri gawang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.