Sukses

Aura Fire Kampiun Mobile Legends Piala Presiden Esports 2023, Rebut Gelar Kedua

Aura Fire sudah dua kali menjadi juara Piala Presiden Esports. Sejarah baru juga tercipta di Piala Presiden Esports 2023 ini. Game lokal lebih banyak dibanding game impor.

Liputan6.com, Jakarta Aura Fire berhasil menjuarai Piala Presiden Esports 2023 pada kategori game Mobile Legends: Bang Bang putra. Ini menjadi kali kedua Aura Fire sukses merebut Piala Presiden. Kali ini mereka juara dengan mengalahkan Rebellion Zion pada partai puncak di Tennis Indoor Gelora Bung Karno, Minggu (22/10/2023) malam WIB.

Aura tampil sempurna pada Grand Final. Mereka menang telak 3-0 atas Rebellion. Kemenangan ini membuat Aura sudah dua kali menjuarai Piala Presiden Esport setelah sebelumnya sukses di tahun 2021 ketika menang atas Alter Ego.

Kesuksesan Aura Fire di Piala Presiden Esports 2023 sekaligus mengobati kekecewaan penggemarnya atas hasil kurang bagus di MPL ID S12. Adapun bagi Rebellion Zion, kekalahan ini mengubur ambisi mereka meraih trofi pertama Piala Presiden Esports.

Aura Fire memang sangat dominan di Piala Presiden Esports 2023 ini. Mereka tidak terkalahkan sejak rangkaian Piala Presiden Esports 2023 dimulai pada Agustus lalu. Aura Fire harus berjuang melalui kualifikasi tertutup.

“Buat saya pribadi, tahun ini terbilang sangat berat. Sebagai pemain yang sudah lama berada di tim, saya merasa gagal buat membimbing beberapa pemain baru di tim ini. Hal itu yang membuat saya merasa agak bersalah ke mereka. Saya sendiri hanya bisa bilang ke mereka, buat terus berusaha dan tidak mudah menyerah,” ucap salah satu pemain Aura Fire, High.

Selain Mobile Legend putra, Piala Presiden Esports 2023 juga mempertandingkan tiga nomor lain. Di nomor gim Lokapala, Mahadewa mampu jadi yang terbaik setelah unggul atas OPI Admirals dengan skor 3-0.

Sedangkan nomor gim lokal lainnya yaitu Battle of Guardians, atlet asal Bali, Joddz sukses mengalahkan Ucupbaddman. Di nomor gim kategori wanita, Bigetron Era berhasil mencetak sejarah sebagai juara Mobile Legends: Bang Bang Women pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah Baru di Piala Presiden

Piala Presiden Esports 2023 juga menorehkan sejarah baru. Untuk pertama kalinya game lokal yang dipertandingkan lebih banyak dibandingkan game mancanegara.

Hal ini semakin menunjukkan bahwa kejuaraan non-publisher terbesar di Indonesia ini turut memberikan wadah bagi para developer gim lokal untuk unjuk gigi.

“Tahun ini, Piala Presiden Esports 2023 didominasi oleh gim besutan anak bangsa yaitu Battle of Guardians dan Lokapala. Ini adalah sebuah pencapaian yang membanggakan, bahwa kita bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Selain itu, satu sejarah lain tercetak di tahun ini. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Presiden Esports, nomor gim Mobile Legends: Bang Bang Women dipertandingkan sehingga memberikan kesempatan bagi para pro player wanita untuk turut serta unjuk gigi sekaligus panen prestasi,” terang Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2023, Rangga Danu Prasetyo.

 

3 dari 3 halaman

Wadah Atlet Esports

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat dan Komunikasi, Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Debora Imanuella, menuturkan bahwa kejuaraan olahraga elektronik non-developer prestisius di Indonesia ini, telah menjadi wadah bagi para talenta esports muda untuk unjuk gigi dan berhasil menjangkau pemain-pemain di seluruh Indonesia, termasuk atlet perempuan. Ia berharap Piala Presiden Esports 2023 mampu mendorong banyak bakat muda yang bermunculan di kancah esports Indonesia.

“PBESI mengapresiasi langkah Piala Presiden Esports 2023 yang kembali berhasil menggelar turnamen skala besar secara inklusif dengan menjangkau pemain-pemain dari berbagai penjuru Indonesia dan juga para atlet esports perempuan. Tidak hanya itu, PB ESI juga mengapresiasi konsistensi Piala Presiden Esports dalam mempertandingkan gim lokal yang kami percaya akan berdampak pada penguatan ekosistem gim lokal yang kini tengah berkembang. Kami berharap kompetensi dan prestasi seluruh atlet yang berlaga, khususnya para pemenang Piala Presiden Esports 2023, akan terus berkembang dan meningkat di masa datang, baik di tingkat nasional maupun internasional,” jelas Debora.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.