Sukses

Kejuaraan Dunia Beregu Junior 2023: Gebuk Prancis, Tim Bulu Tangkis Indonesia ke Semifinal

Tim bulu tangkis Indonesia lolos ke semifinal Kejuaraan Dunia Beregu Junior 2023 setelah mengalahkan Prancis 3-1.

Liputan6.com, Jakarta - Tim bulu tangkis Indonesia sukses melaju ke semifinal Kejuaraan Dunia Beregu Junior 2023. Tiket itu didapat Skuad Garuda muda setelah mengalahkan Prancis pada babak delapan besar.

Meski sempat kehilangan angka pada partai pembuka, tim bulu tangkis Indonesia dapat bangkit dalamkejuaraan yang memperebutkan Piala Suhandinata tersebut. Dalam pertandingan di The Podium Arena, Spokane, Washington, Amerika Serikat, Kamis (28/9) waktu setempat, tim Merah-Putih muda akhirnya bisa menggusur Prancis dengan skor 3-1 dan maju ke semifinal.

Pada partai pembuka, ganda campuran Adrian Pratama/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu sebenarnya sudah berjuang maksimal. Namun, belum bisa mempersembahkan poin setelah bertarung ketat selama 69 menit dan kalah dari Alex Lanier/Elsa Jacob dengan skor 17-21, 21-19, dan18-21.

Indonesia kemudian menyamakan kedudukan 1-1 setelah pemain tunggal putri Mutiara Ayu Puspitasari bisa bermain apik dan tak terpengaruh dengan kekalahan rekannya. Juara Kejuaraan Asia Junior 2023 itu sukses menekuk Malya Hoareau dengan skor 21-15 dan 21-12 dalam durasi 25 menit.

Di partai ketiga, pemain tunggal putra Alwi Farhan berhasil membawa Indonesia gantian memimpin 2-1. Dalam laga selama 42 menit, Alwi sukses mengalahkan pemain yang menduduki ranking 1 dunia junior, Alex Lanier dengan skor 21-14 dan 21-15.

"Alhamdulillah saya bisa memberi poin kemenangan. Pertandingan tadi itu juga tidak gampang. Lawan cukup matang dan pemain peringkat satu dunia junior. Saya main nothing to lose. Tentu saya senang, tetapi tak perlu berlarut-larut. Sebab masih ada pertandingan berikutnya dan tugas di beregu yang belum selesai," kata Alwi usai laga perempat final Kejuaraan Dunia Beregu Junior.

Ganda putri Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani menjadi penentu kemenangan Indonesia atas Prancis. Pasangan ini tampil solid dan penuh percaya diri saat menggulung Elsa Jacob/Camille Pognante dengan skor 21-16 dan 21-10 dalam laga selama 39 menit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Bertemu Chinese Taipei di Semifinal

Dengan kemenangan ini, tim bulu tangkis Indonesia akan melawan Chinese Taipei di semifinal. Chinese Taipei sebelumnya menang 3-2 atas Thailand.

Laga Indonesia lawan Chinese Taipei merupakan partai ulangan WJC 2022 di Santander, Spanyol, 2022 lalu. Saat itu, tim Merah-Putih muda gagal ke final setelah kalah 2-3 dari Chinese Taipei.

"Dari sektor tunggal putra kita sudah tahu siapa pemain Chinese Taipei yang akan tampil. Kita tentu sudah mempersiapkan taktik, dan strateginya, juga siapa yang akan kita turunkan bertanding," kata pelatih tunggal putra Nunung Subandoro.

"Ini juga kesempatan bagi Indonesia untuk melakukan balas dendam atas kekalahan dari Chinese Taipei di Spanyol tahun lalu. Saya lihat anak-anak sekarang lagi on fire untuk membalas kekalahan dari Chinese Taipei sebelumnya."

"Untuk melawan Chinese Taipei, seandainya saya dipilih untuk bertanding, saya harus bisa menjaga motivasi dan pola pikir untuk memberikan hasil yang terbaik bagi Indonesia dan main nothing to lose saja," sebut Alwi.

 

3 dari 3 halaman

Hasil Pertandingan Perempat Final

Indonesia vs Prancis (3-1):

Adrian Pratama/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu vs Alex Lanier/Elsa Jacob, 17-21, 21-19, 18-21.

Mutiara Ayu Puspitasari vs Malya Hoareau, 21-15, 21-12.

Alwi Farhan vs Alex Lanier, 21-14, 21-15.

Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani vs Elsa Jacob/Camille Pognante, 21-16, 21-10.

Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin vs Baptiste Labarthe/Tom Lalot Trescarte (tidak dimainkan). (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.