Sukses

Hasil Piala Dunia FIBA 2023: Menggila di Kuarter 3, Kanada Bungkam Prancis

Kanada sukses menaklukkan Prancis pada big match Grup H FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena, Jumat (25/8/2023). Semula diprediksi ketat, Kanada unggul 95-65.

Liputan6.com, Jakarta - Kanada sukses menaklukkan Prancis pada big match Grup H FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena, Jumat (25/8/2023). Semula diprediksi ketat, Kanada unggul 95-65.

Ini adalah kemenangan bersejarah bagi Kanada. Mereka memetik kemenangan pertama atas Prancis setelah selalu tumbang pada tiga duel sebelumnya di Piala Dunia FIBA.

Jalan Pertandingan

Prancis menguasai pertandingan sejak awal. Memimpin 18-14 di kuarter pertama, mereka terus unggul sebelum Shai Gilgeous-Alexander membuat empat poin untuk membantu Kanada memutar skor 32-31. Kanada lalu menjaga momentum di sisa laga sehingga memimpin 43-40 di jeda pertandingan.

Dillon Brooks dan kawan-kawan makin superior di kuarter ketiga. Mereka memetik enam angka beruntun demi memimpin 54-42, terbesar hingga titik ini.

Tembakan tiga angka Gilgeous-Alexander dan Kelly Olynk membuat Kanada memperlebas skor 62-44, dengan Brooks menyumbang tiga poin selainjutnya. Kanada terus menjaga superioritas dan unggul 68-48 di akhir kuarter tiga.

Prancis coba mengejar di 10 menit terakhir. Namun, jarak yang terlalu lebar membuat mereka tidak berkutik di partai pertama Piala Dunia FIBA 2023.

Pemain Bintang

Kanada beruntung memiliki lebih banyak bintang NBA yang masuk skuad. Shai Gilgeous-Alexander jadi kontributor utama tim lewat sumbangan 27 poin, 13 rebound, dan enam assist. Menyusul Kelly Olynk lewat 18 angka. Menyusul Dwight Powell dan Nickel Alexander-Walker yang masing-masing membuat 12 nilai.

Di kubu Prancis, Evan Fournier jadi motor tim dengan membuat 21 angka. Sementara Rudy Gobert cuma membuat delapan poin plus sembilan rebound.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Latvia Bungkam Lebanon di Piala Dunia FIBA 2023

Pada laga pembuka Grup H yang berlangsung Jumat sore, Latvia mampu mencukur Lebanon 109-70 meski tidak diperkuat Kristaps Porzingis.

Lebanon memulai laga dengan baik. Mereka mencetak poin pertama di FIBA World Cup 2023 Jakarta lewat dunk dari Sergio El Darwich. Lebanon kemudian sempat menjauh unggul 7-3.

Namun Latvia perlahan mulai bangkit dan mengendalikan kuarter pertama. Latvia membalikkan skor dan terus menjauh menjadi unggul dua digit berkat aksi-aksi Dairis Bertans dan Roland Smits. Latvia menutup kuarter pertama dengan 27-17.

Pada kuarter dua Latvia tetap dominan. Kakak beradik Dairis dan Devin Bertans menjadi mimpi buruk bagi Lebanon dengan tembakan-tembakan tiga angkanya. Keunggulan Latvia pun terus melebar hingga menjadi 25 poin saat paruh pertama berakhir. 

Wanginya tembakan tiga angka Latvia jadi mimpi buruk bagi Lebanon. Latvia terus membombardir Lebanon dengan tembakan tiga angka hingga semakin menjauh di kuarter tiga. Latvia merebut kuarter tiga dengan 27-18.

Karena sudah unggul terlalu jauh, Latvia banyak memainkan pemain cadangannya di kuarter empat. Namun Latvia tetap dominan. Pemain cadangan Anzejs Pasecniks gantian mendulang banyak poin melalui sky hook.

Lebanon baru menyala tembakan-tembakan tiga angkanya di akhir kuarter empat. Tapi sudah terlambat. Latvia menutup pertandingan dengan kemenangan telak 109-70.

Dairis Bertans dinobatkan sebagai pemain terbaik di laga ini setelah sukses membuat 20 poin dan empat assists ke ring Lebanon. Smits menyusul dengan sumbangsih 17 poin

Di kubu Lebanon, El Darwich memimpin dengan raihan 19 angka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini